Cara Ampuh Lindungi Akun GOJEK dan MAPAN Kamu!

Modus Kang Tipu yang suka bawa-bawa nama GOJEK dan MAPAN pasti bikin kamu ketar-ketir. Sebab, dia nggak akan segan melakukan berbagai cara buat minta kode verifikasi/OTP buat masuk ke akun korban dan menyikat habis saldonya.

Kamu tentu nggak mau dong jadi korban Kang Tipu selanjutnya? Yuk, lindungin akun GOJEK dan MAPAN kamu dari sekarang! Ikutin cara ampuh ini biar makin aman dan nyaman pakai aplikasi setiap hari.

  • Jangan Pernah Kasih Kode Verifikasi Kamu

Sahabat Mapan, tahu nggak apa itu kode verifikasi atau one-time password (OTP)? Ini adalah KODE RAHASIA yang berisi 4-6 digit. Kode sekali pakai ini hanya berlaku dalam kurun waktu tertentu.

GOJEK atau Mapan biasanya bakal mengirim kode verifikasi/OTP lewat SMS ke nomor kamu dalam kondisi tertentu. Contohnya dalam keadaan seperti ini:

  • Kamu baru saja membuat akun GOJEK atau MAPAN.
  • Kamu mencoba masuk/log-in ke akun GOJEK atau MAPAN
  • Kamu mengganti PIN akun GOPAY.
  • Kamu mengubah nomor hp di akun GOJEK atau MAPAN.

Karena sifatnya sangat rahasia, jadi JANGAN PERNAH kasih kode verifikasi/OTP kamu ke siapapun, ya. Yang bisa tahu kode ini cuma kamu dan Tuhan. Pihak GOJEK atau MAPAN nggak bakal pernah deh minta kode ini untuk kepentingan apapun.

Kalau ada orang yang yang mengatasnamakan GOJEK dan MAPAN memaksa buat minta kode verfikasi/OTP, mending dicuekin aja deh. Udah pasti dia itu Kang Tipu yang lagi beraksi.

  1. “Gembok” Akun GOPAY Kamu

Sama seperti ATM, akun GOPAY kamu juga wajib dikasih gembok alias PIN. Tujuannya biar selalu terlindungi saat kamu melakukan pembayaran via GOPAY. Kamu juga nggak boleh menyebarkan kode PIN GOPAY sembarangan ya.

  1. Waspada Dengan Informasi Palsu

Pernah dapet telepon dari nomor nggak dikenal lalu diiming-imingi bonus dari GOPAY atau MAPAN? Kamu wajib waspada, ya. Ini adalah salah satu ciri dari aksinya Kang Tipu lho. Setelah menjanjikan hadiah, biasanya sih mereka bakal minta informasi data pribadi seperti kode verifikasi/OTP hingga PIN GOPAY.

Ingat! GOJEK atau MAPAN cuma berkomunikasi lewat website, sosial media, e-mail, dan telepon customer service yang resmi. Program promo berhadiah pun hanya disebar melalui kontak tersebut. Jadi, sebaiknya kamu simpan kontak penting berikut ini ya!

Kontak GOJEK/GOPAY:

  • Akun resmi media sosial GOJEK
  1. Twitter: @gojekindonesia
  2. Instagram: gojekindonesia
  3. Facebook: gojekindonesia
  4. Line: GO-JEK
  • Nomor telepon customer service 1500304
  • E-mail resmi GOJEK : cs@go-pay.co.id

Kontak MAPAN

  • Akun resmi media sosial Mapan
  1. Instagram: makinmapan
  2. Facebook: makinmapan
  • Nomor telepon MELATI 1500127

Ingat! Kalau ada orang mencurigakan dan mengatasnamakan GOJEK atau MAPAN menghubungi kamu, jangan ragu buat menghubungi kontak di atas ya. Tim Customer Service bakal siap melayani kamu selama 24 jam.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu!