Pertanyaan mengenai informasi produk, pembayaran, harga, dan lainnya
1. Wilayah mana saja yang bisa menggunakan layanan Mapan Shop?
Seluruh wilayah operasional Mapan meliputi seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi bisa menggunakan layanan Mapan Shop dengan pengiriman dari Jakarta.
2. Kenapa selisih harga produk jauh dengan yang ada di Mapan Arisan?
Harga di Mapan Shop merupakan harga untuk reseller yang beli banyak semakin murah dengan ongkos kirim ditanggung oleh MUM dan pembeli.
3. Apakah bisa melakukan pembayaran lewat GoPay Later?
MUM dapat melakukan pembayaran dengan GoPay Later jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan GoPay Later, silahkan mengecek langsung di aplikasi Gojek untuk informasi selengkapnya.
4. Metode pembayaran yang tersedia ada apa saja?
Pembayaran dapat dilakukan dengan pilihan GoPay dan virtual account dari beberapa bank berikut: BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan Permata Bank.
5. Apakah bisa melakukan pembelian untuk 1 barang saja?
Pembelian untuk satu barang tetap dapat dilakukan, namun semakin banyak kamu membeli jumlah barang, maka keuntungan yang akan didapatkan juga akan semakin besar.
6. Cashback yang diterima MUM dalam bentuk apa?
Cashback akan diterima oleh MUM dalam bentuk GoPay.
7. Harga yang akan tertera di aplikasi maupun di konten-konten promo apakah harga untuk reseller atau harga untuk MUM?
Harga yang tertera adalah harga promo untuk MUM/Reseller, karena harga untuk MUM ke pembeli menjadi kebebasan MUM tersebut.
8. Apakah produk Mapan Shop sama seperti di Mapan Arisan?
Produk di Mapan Shop dapat berbeda dengan produk yang terdapat di Mapan Arisan. Produk di Mapan Shop sudah melalui proses kurasi sehingga selalu menyediakan produk dengan harga dan kualitas terbaik dari Mapan.
9. Apakah produk-produk kategori lain seperti Make Up akan hadir di Mapan Shop? Kalau iya, kapan?
Mapan Shop akan secara bertahap menambahkan kategori produk yang dapat dibeli oleh MUM reseller. Silahkan cek secara berkala untuk tahu produk terbaru dari Mapan Shop ya MUM.
Pertanyaan mengenai mekanisme pengiriman & garansi
1. Apakah ada gambaran simulasi biaya pengiriman? Misal: Semakin banyak, semakin murah?
Jika MUM melakukan pembelian lebih dari 1 produk, maka ongkos kirim yang dihitung adalah total berat ataupun volume seluruh total pembelanjaan. Pemilihan berdasarkan berat barang atau volume tergantung dari hasil akhir berat paket pengiriman.
Contoh: MUM melakukan pembelian 3 panci dengan berat 1 pcs sebesar 0.75kg, sehingga total berat 3 produk adalah 2.25kg. 3 Panci tersebut kemudian digabung menjadi 1 paket untuk dikirimkan ke alamat pembeli dengan berat volumetrik sebesar 3kg. Maka perhitungan ongkos kirim akan menggunakan perhitungan ongkir volumetrik sebesar 3kg ke alamat pembeli.
Kemudian untuk setiap kelebihan di atas 0.3kg akan dibulatkan ke kg berikutnya untuk kemudian dikalikan dengan tarif per kg untuk pengiriman dari gudang ke alamat tujuan.
2. Ongkir di Mapan Shop ke daerah saya cukup besar, bagaimana saya bisa tetap untung di Mapan Shop?
Harga di Mapan Shop merupakan harga untuk reseller yang beli banyak makin murah dengan ongkos kirim ditanggung oleh MUM dan anggota. MUM bisa memaksimalkan harga produk di jumlah barangnya sehingga bisa tetap bersaing ongkirnya.
3. Jika ada barang cacat, bagaimana proses klaim garansinya?
Klaim garansi akibat cacat produksi dan atau cacat saat waktu pengiriman adalah 10 hari sejak barang diterima. Pastikan MUM/pembeli memvideokan proses unboxing paket pembelian. Jika terdapat kerusakan di atas dapat segera membuat tiket ke tim Melati melalui tombol bantuan di aplikasi Mapan untuk klaim garansinya.
4. Jika ada proses retur barang rusak, apakah ongkir pengembalian barang rusaknya itu ditanggung Mapan atau Kita harus bayar sendiri lagi?
Ongkos kirim pengembalian barang rusak akan ditanggung Mapan. MUM bisa menggunakan layanan JNE cashless untuk melakukan pengembalian. Jika tidak bisa menggunakan JNE cashless/di cover layanan pengembalian prosesnya maka akan dilakukan reimbursement. MUM akan bayar terlebih dahulu, lalu pengajuan reimbursement ke tiket melati untuk penggantian ongkos kirim.
5. Apakah alamat pengiriman harus diisi dengan alamat MUM atau bisa dengan alamat pembeli?
Alamat pengiriman akan diisi dengan nama MUM (Reseller), jika mau mengirim langsung ke alamat pembeli, maka alamat MUM di aplikasi perlu diubah. Misal: untuk MUM yang ingin mengirim langsung ke alamat pembeli, maka MUM perlu mengganti alamat di aplikasi Mapan ke alamat pembeli.
6. Apakah produk akan dikirim langsung ke alamat MUM (Reseller) atau ke alamat calon pembeli?
Alamat pengiriman default adalah alamat pengiriman ke Mitra Usaha Mapan. Saat berbelanja di Mapan Shop MUM dapat mengganti alamat pengiriman. Perlu menjadi perhatian bahwa penggantian alamat kirim selain ke MUM dapat menyebabkan perubahan alamat kirim default untuk seluruh layanan Mapan, meliputi Mapan Arisan. Pastikan untuk selalu cek alamat kirim sudah sesuai saat bertransaksi di Mapan.
7. Bagaimana cara mengecek nomor resi untuk pelacakan paket?
Iya, akan ada kode resi yang bisa digunakan MUM/buyer untuk melacak status pengiriman. Nomor resi dapat ditanyakan ke tiket melati melalui tombol bantuan di aplikasi Mapan.
8. Apakah jasa pengiriman default dari pihak Mapan atau MUM bisa pilih jasa delivery lain?
Mapan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengiriman, salah satunya adalah JNE atau BES.
9. Apakah jasa pengiriman default dari pihak Mapan dan Blibli atau MUM bisa pilih jasa delivery lain?
Mengikuti ketentuan pengiriman dari Mapan, untuk saat ini MUM belum bisa memilih jasa pengiriman sendiri.
10. Bagaimana cara cek pesanan saya? Apakah setiap order saya mendapatkan nomer resi?
Saat ini untuk nomor resi dapat ditanyakan melalui tiket melati.
11. Berapa lama estimasi pengiriman ketika sudah melakukan pembayaran di MapanShop?
Setelah bayar, pesananmu akan diproses dan dikirim dalam 2-4 hari kerja untuk area Jabodetabek & 2-10 hari untuk luar Jabodetabek.
12. Jika dikirim ke alamat pembeli langsung, apakah nama dan data pengirim adalah MUM atau Mapan?
Nama pengirim adalah atas nama Mapan, saat ini belum tersedia pilihan dropship.
Pertanyaan mengenai fitur di Mapan Shop
1. Keranjang di Mapan Shop apakah akan bertahan lama atau sementara? Apakah ada maksimal produk yang bisa ditaruh ke keranjang?
Tidak ada maksimal produk yang dapat dimasukkan ke keranjang belanja di Mapan Shop. Produk di keranjang belanja akan tetap berada di keranjang belanja selama MUM memiliki aplikasi Mapan. Jika menghapus aplikasi Mapan maka terdapat potensi untuk produk akan hilang.
2. Proses loading ketika sedang mengakses Mapan Shop lambat, apakah ada solusi?
Layanan Mapan Shop merupakan layanan terbaru dari Mapan sehingga masih dalam tahap pengembangan sehingga terdapat kemungkinan terjadi proses loading saat MUM menggunakan layanan ini. Pastikan saat membuka aplikasi Mapan MUM memiliki jaringan internet yang lancar, memori handphone yang mencukupi. Jika masih menemukan gangguan silahkan untuk mencoba menutup aplikasi Mapan dan mengaksesnya kembali.
3. Seberapa sering promo-promo akan berubah? Apakah akan ada keterangan periode waktu promo? Atau bagaimana?
Promo diskon harga produk dapat berubah-ubah setiap waktu tergantung dengan kebijakan Mapan maupun stok barang yang tersedia, begitu juga dengan besaran promonya. Namun, apabila harga yang tertera adalah harga diskon, maka produk tersebut sedang promo. Adapun untuk promo cashback Rp10.000 saat ini akan berlangsung hingga 31 Agustus 2023.
Pertanyaan mengenai skema keuntungan di Mapan Shop
1. Sampai kapan cashback GoPay bisa didapatkan untuk transaksi pertama?
Program cashback GoPay untuk transaksi pertama di Mapan Shop berlaku sejak tanggal 10 Juli 2023.
2. Apa perbedaan keuntungan MUM ketika menggunakan layanan Mapan Arisan vs reseller di Mapan Shop?
Saat ini di layanan Mapan Shop, MUM bisa mendapatkan harga terbaik untuk reseller dan bisa menjual ke konsumen langsung dengan harga yang bersaing serta dapatkan cashback GoPay untuk transaksi pertama selama Bulan Juli 2023. Layanan Mapan Arisan, MUM bisa mendapatkan skema keuntungan dasar meliputi Poin Mapan & GoPay serta keuntungan promo yang sedang berjalan setiap bulannya.
3. Apakah saya mendapatkan Poin Mapan jika bertansaksi di Mapan Shop?
Saat ini MUM bisa mendapatkan cashback GoPay untuk transaksi pertama ya dan belum terdapat sistem hadiah poin untuk transaksi di Mapan Shop. Namun hal ini jadi masukan yang akan kami pertimbangkan untuk ke depannya.
4. Untuk reseller yang berhasil mengajak temannya untuk bergabung di Mapan Shop, apakah akan ada insentif?
Saat ini MUM bisa mendapatkan cashback GoPay untuk transaksi pertama ya dan belum terdapat sistem keuntungan untuk referral program.