FAQ Mapan Pulsa+ dan SmartPay

Tentang Mapan Pulsa+ dan SmartPay

  1. Apa itu Mapan Pulsa+?

Mapan Pulsa+ adalah fasilitas baru dari Mapan yang bisa digunakan sebagai modal usaha pulsa atau kebutuhan pribadi dengan pembayaran menggunakan SmartPay. Semua produk yang ada di Mapan Pulsa+ sama dengan yang ada di Mapan Pulsa biasa (Pulsa, Token PLN, Paket Data, Pembayaran Tagihan). Fasilitas ini bisa dinikmati oleh MUM terpilih yang ingin punya usaha jualan Pulsa tapi modal terbatas.

  1. Apa itu SmartPay?

SmartPay merupakan fasilitas pembayaran khusus (selain GoPay), yang saat ini hanya bisa digunakan di Mapan Pulsa+. SmartPay memiliki limit khusus, saat ini tersedia limit 100ribu dan 250ribu. Setiap MUM bisa memiliki limit 100ribu atau 250ribu (salah satu).

  1. Apa keuntungan Mapan Pulsa+ dan SmartPay?
  • Pendaftaran mudah.

    Tanpa perlu KTP dan selfie

  • Jujur dan transparan.

    Tanpa dikenakan biaya bulanan.

  • Tanpa bunga.

    Harga produk sudah disesuaikan untuk menggunakan layanan SmartPay

  • Tanggal jatuh tempo tetap setiap bulannya

    Pembayaran kembali setiap tanggal 28

  • Pembayaran kembali yang mudah

    Menggunakan Virtual Account BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank dan GoPay

  • Produk yang tersedia sama dengan Mapan Pulsa biasa (Pulsa, Token PLN, Paket Data, Tagihan) 3. Kapan saya bisa menikmati layanan ini?

Mapan memperkenalkan uji coba Mapan Pulsa+ efektif mulai 6 Juni 2022, dengan fitur pembayaran baru, yaitu SmartPay

  1. Apa perbedaan Mapan Pulsa+ dan Mapan Pulsa biasa?

  1. Berapa limit SmartPay saya?

Tiap MUM terpilih akan mendapatkan limit berbeda, yaitu Rp 100ribu dan Rp 250ribu, sesuai dengan riwayat transaksi Mapan Pulsa MUM sebelumnya. Limit SmartPay dapat dicek di halaman utama menu Mapan Pulsa+

Aktivasi Mapan Pulsa+ dan SmartPay

  1. Dimana saya bisa menemukan menu Mapan Pulsa+?

Fasilitas ini terbatas hanya untuk MUM terpilih berdasarkan riwayat transaksi Mapan Pulsa.

Menu Mapan Pulsa+ akan otomatis muncul di halaman utama aplikasi Mapan. Jika belum muncul, MUM bisa lakukan hal ini :

  • Hapus aplikasi Mapan yang lama dan install ulang dari Google Playstore
  • Setelah login/masuk, tutup aplikasi Mapan, lalu buka kembali
  • Mapan Pulsa+ akan otomatis muncul di halaman utama aplikasi Mapan 2. Bagaimana cara mengaktifkan SmartPay saya?

Simak tutorial di gambar berikut :

  1. Bagaimana cara bertransaksi dengan SmartPay?

Simak tutorial di gambar berikut :

![](https://lh3.googleusercontent.com/23yxl9Mf2qL7spgvcEXaVf13sgl32JSuhS_tWHvw7L8R1s97sBjTwPYQUx13xs1ctCIa8SENdod75jT_RjXlPR6-dWsSOJHVhzzuZwDmJvpByNS7a3wWk4te5RkyTQ-4OIvZYoBBeLW-_FNO9kRhFLCcO6YfMsVTP8m89sdFiBGRLYmCrJTIufxiXQ =668x190)

Pembayaran SmartPay

  1. Jika saya telah menggunakan SmartPay, kapan saya bisa melakukan pembayaran kembali?

    Batas akhir pembayaran SmartPay adalah tiap tanggal 28 bulan berjalan. Bila pembayaran melewati tanggal tersebut, maka MUM tidak dapat melakukan transaksi di Mapan Pulsa+. Dan jika pembayaran tidak diselesaikan dalam jangka waktu 7 hari, maka Mapan, dengan berat hati, akan melakukan pengurangan poin MUM.

  2. Bagaimana cara melakukan pembayaran tagihan SmartPay?

Simak tutorial di gambar berikut :

![](https://lh3.googleusercontent.com/l2nEiQcq8IZWth4R1tACzhLYRZY-3BcU9Z9-Cko5Aejia6407v2QrhPXozza6TIs9688s22K4ipQYNu559i9Zbw1d9408fuuWZlkfIRg4luzBPutn9WZgJ1TN55k4y43YV9JavImtgwKW6jhr707HFuD3ST0TUuHfAb5Kw_08pkY6V128nZTlEm4Dg =668x231)

Tutorial pembayaran tagihan SmartPay dengan aplikasi BRI Mobile

![](https://lh6.googleusercontent.com/pVa5cQcKbZP4u3nTE-PlQbHU8EggK7WwqslMwCpJOsWxgdT2_WN4iaien92ZZ-hMM3FfvanxYgQ4VVI0nBAkE0gQPfCNBJ8Y3cyle47CwvOBBR6GkBzVN5gcDVesTwj7YJW81pPeQy5_R6TGhY7GROyHQQAao-0Q3DsVnAie6WtZ5SGupaaZTgRu5g =624x345)

Tutorial pembayaran tagihan SmartPay dengan aplikasi Mandiri Livin

![](https://lh6.googleusercontent.com/lzj4yGFuuPVVOVtGmrqWL-uJpKyUre7bvlm_GJYpX4_x0NNPRl7TeebtSc2geYv0wyiMukpJEv7WA5gg8sbgd7XUzOtOnT973ylndbR9sUG9_cvOD7I8z8QG1YyPO3c8NOJ1e62dcK1avQook7WHL3q_nsFWiK8EvYuKQfz2Zz8JZrNWam25TPaB_Q =666x260)

  1. Apa yang harus saya lakukan jika limit SmartPay saya sudah habis?

    MUM sementara tidak dapat melakukan transaksi di Mapan Pulsa+. Lakukan pembayaran SmartPay terlebih dahulu agar limit SmartPay kembali dan layanan Mapan Pulsa+ dapat digunakan lagi.

  2. Apakah limit SmartPay saya bisa bertambah?

    Selama uji coba, jumlah limit SmartPay tidak berubah, tetapi limit SmartPay yang sudah digunakan akan bisa kembali semula jika tagihan sebelumnya dibayarkan dahulu.

Informasi lain mengenai Mapan Pulsa+ dan SmartPay

  1. Apakah saya tetap bisa menggunakan Mapan Pulsa biasa?

    Ya, Mapan Pulsa biasa tetap bisa digunakan dan pastikan saldo GoPay MUM cukup sebelum melakukan transaksi

  2. Mengapa harga produk di Mapan Pulsa+ lebih mahal dari Mapan Pulsa biasa?

    Tujuan awal Mapan Pulsa+ adalah untuk menyediakan modal usaha untuk jualan Pulsa bagi MUM yang tidak memiliki modal usaha atau modal usaha terbatas.

    Harga di Mapan Pulsa+ lebih mahal karena ada biaya layanan SmartPay yang ditambahkan ke harga produk dan dihitung per transaksi. Jika dibandingkan dengan GoPaylater atau ShopeePaylater yang lebih mahal karena prosentase biaya layanan dikenakan per total limit dan ada bunga sebesar 3-4%

  3. Apakah saya bisa bertransaksi dengan tetap pakai GoPay saja?

    Tentu saja bisa. Selama GoPay lancar, silakan tetap menggunakan layanan Mapan Pulsa biasa. Layanan Mapan Pulsa+ tidak wajib dan bersifat uji coba.

  4. Bagaimana jika saya terlambat membayar SmartPay?

    Keterlambatan pembayaran akan mengakibatkan Poin MUM terpotong otomatis oleh system.

  5. Jika saya masih punya pertanyaan lain seputar Mapan Pulsa+ dan SmartPay, saya harus kontak kemana?

    Silakan hubungi Melati atau cek Komunitas SmartPay di aplikasi Mapan.