Baca syarat & ketentuan aplikasi Mapan
KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN
Mulai dari 10 Maret 2023
Selamat datang di Aplikasi Mapan!
BACALAH SELURUH KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN APLIKASI MAPAN
Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini adalah perjanjian antara pengguna (“Anda”) dan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Kami” atau “RUMA”). RUMA adalah sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi, situs web (www.mapan.id dan situs web lain yang Kami kelola), konten dan produk yang disediakan oleh Kami (selanjutnya, secara bersama-sama disebut sebagai “Aplikasi Mapan” atau “Mapan App”), serta pemesanan, pembayaran atau penggunaan layanan yang tersedia pada Aplikasi Mapan (“Layanan”).
Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, Anda juga menyetujui ketentuan penggunaan tambahan, termasuk ketentuan penggunaan pada setiap Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, ketentuan penggunaan tambahan dan/atau ketentuan lainnya di luar Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini.
Akses dan penggunaan Aplikasi Mapan tunduk pada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini.
Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi Mapan atau aplikasi lain, menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi Mapan atau tidak, atau berhenti menggunakan Aplikasi Mapan.
Kami hanya memfasilitasi Anda untuk menemukan berbagai Layanan yang Anda perlukan dengan menyediakan Aplikasi Mapan. Semua Layanan disediakan secara langsung oleh pihak ketiga independen yang setuju menjadi penyedia layanan Kami dengan skema kemitraan atau skema lainnya. (“Penyedia Layanan”)
Berdasarkan aktivitas yang dapat Anda lakukan pada ekosistem Aplikasi Mapan dan cakupan informasi yang akan Kami peroleh dari aktivitas Anda, Anda dapat dikategorikan sebagai berikut:
Apabila Anda mengunjungi situs web Kami, Anda akan Kami anggap sebagai pengunjung situs web dan akan tunduk pada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan Kebijakan Privasi dalam cakupan Anda sebagai pengunjung situs web.
Apabila Anda mendaftarkan diri Anda pada Aplikasi Mapan, Anda akan Kami anggap sebagai Pengguna Aplikasi dan selanjutnya Anda akan tunduk kepada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan Kebijakan Privasi dalam cakupan Anda sebagai Pengguna Aplikasi. Adapun Kami membatasi bahwa yang dapat menjadi Pengguna Aplikasi (selanjutnya disebut dengan “Pengguna”) adalah perorangan yang minimal berusia 17 tahun dan tidak sedang berada di bawah pengampuan.
Apabila Anda merupakan Pengguna Aplikasi yang melakukan pendaftaran sebagai MUM atau melakukan kegiatan sebagai MUM, maka Anda akan Kami anggap sebagai Pengguna Aplikasi yang merupakan MUM (“Pengguna Aplikasi – MUM”) dan akan tunduk kepada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, Kebijakan Privasi, dan ketentuan lainnya yang berlaku di luar dari Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan dan Kebijakan Privasi.
Sebelum menggunakan Aplikasi Mapan, Anda harus menyetujui Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan nama lengkap, alamat surat elektronik, dan nomor telepon genggam pribadi, dan data pribadi lainnya dari Anda. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam Aplikasi Mapan.
Setelah melakukan pendaftaran, sistem Kami akan menghasilkan kode verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui pesan singkat, whatsapp, maupun platform komunikasi lainnya ke nomor telepon genggam yang Anda berikan. Anda perlu melakukan verifikasi tersebut pada halaman pendaftaran di Aplikasi Mapan.
Setelah melakukan verifikasi, sistem Kami akan membuatkan akun Mapan pribadi (“Akun”) untuk Anda yang dapat digunakan untuk menggunakan Aplikasi Mapan dan memesan Layanan melalui Aplikasi Mapan. Nomor telepon genggam Anda melekat pada Akun Anda sehingga Anda tidak bisa membuat Akun baru dengan nomor telepon genggam yang sudah didaftarkan. Hal yang sama juga berlaku apabila di kemudian hari Anda mengubah nomor telepon genggam Anda pada menu pengaturan di Aplikasi Mapan.
Dalam hal Anda telah keluar dari Akun Anda, maka Anda perlu memasukan alamat surat elektronik atau nomor telepon genggam yang Anda berikan pada saat mendaftarkan diri Anda dan memasukan kode verifikasi, yang kemudian dikirim secara otomatis oleh sistem Kami ke nomor telepon genggam terdaftar Anda, pada halaman pengaksesan.
KODE VERIFIKASI (ONE TIME PASSWORD/OTP) DIHASILKAN SECARA OTOMATIS OLEH SISTEM KAMI. KAMI TIDAK MENGETAHUI DAN TIDAK PERNAH MEMINTA KODE VERIFIKASI ANDA. JANGAN PERNAH MEMBERITAHUKAN KODE VERIFIKASI ANDA KEPADA SIAPAPUN BAHKAN KEPADA KAMI ATAU PIHAK LAIN YANG MENGAKU SEBAGAI PERWAKILAN KAMI.
Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak, membatalkan, dan/atau membekukan fasilitas pesanan ataupun pemberian manfaat termasuk namun tidak terbatas pada keuntungan, poin, reward, bonus, benefit, hadiah dan sejenisnya (“Manfaat”) jika Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan Akun Anda digunakan oleh orang lain.
Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian pembayaran dan metode pembayaran yang Anda pilih, data pribadi, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau Penyedia metode pembayaran sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, Kami akan menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.
Segera beritahukan Kami jika Anda mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Kami akan melakukan tindakan yang Kami anggap perlu dan dapat Kami lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
Akun Anda akan dianggap pasif (dormant) jika Anda tidak melakukan aktivitas dan/atau transaksi apapun di Aplikasi Mapan selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut (“Akun Dormant”). Kami berhak melakukan tindakan apapun yang Kami anggap perlu terhadap Akun Dormant Anda.
Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, dan pembagian informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik,nomor telepon genggam Anda, dan data pribadi lainnya yang Anda berikan ketika Anda membuka Akun tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini.
Konten adalah segala hal yang dibagikan oleh Anda di Aplikasi Mapan yang dapat berupa teks, gambar, foto, video, link ke suatu alamat situs tertentu, animasi dan lain-lain (“Konten”). Anda mengetahui bahwa Konten yang Anda bagikan pada Aplikasi Mapan akan terlihat oleh seluruh pengikut Anda di Aplikasi Mapan. Apabila Anda membagikan Konten pada fitur “community” pada Aplikasi Mapan, maka Konten Anda akan terlihat oleh seluruh pengguna yang merupakan anggota community tersebut dan terdapat kemungkinan bahwa pengikut Anda dapat membagikan Konten Anda kepada pengikutnya yang lain tanpa sepengetahuan Anda.
Anda setuju bahwa segala tindakan yang Anda lakukan terhadap suatu Konten yang dibagikan oleh pengguna lain, termasuk namun tidak terbatas pada like, comment, dan/atau share dapat Kami pantau dan gunakan agar Kami dapat mengerti kebutuhan pengguna dan menyediakan Layanan lebih baik lagi kepada Anda.
Anda dengan ini mengetahui bahwa seluruh tindakan dan respon terhadap konten yang Anda bagikan dari aplikasi Mapan ke sosial media adalah menjadi tanggung jawab Anda untuk mengikuti syarat dan ketentuan serta norma dan hukum yang berlaku di dalam aplikasi sosial media dan masyarakat.
Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kami dapat menyediakan Konten Pihak Ketiga yang dapat Anda temukan pada Aplikasi Mapan. Dalam hal Konten Pihak Ketiga disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan Kami (“Penyedia Konten Pihak Ketiga”), Kami tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi Konten Pihak Ketiga. Akses atau penggunaan Anda terhadap Konten Pihak Ketiga tersebut merupakan bentuk persetujuan Anda untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami atau Penyedia Konten Pihak Ketiga, termasuk terhadap Kebijakan Privasi Kami atau Penyedia Konten Pihak Ketiga.
Konten Pihak Ketiga adalah setiap informasi, data, atau berita aktual, yang dibuat, disusun, dikembangkan, dan/atau dikelola sendiri oleh Penyedia Konten Pihak Ketiga atau diperoleh Penyedia Konten Pihak Ketiga dari pihak ketiga lain, dimana Penyedia Konten Pihak Ketiga, dimana Penyedia Konten Pihak Ketiga bertanggung jawab untuk memperoleh setiap perizinan yang diperlukan untuk menampilkan Konten Pihak Ketiga tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada teks atau tulisan, gambar, quotes atau kutipan, foto, ilustrasi, animasi, video, rekaman suara atau musik, judul dan/atau deskripsi untuk ditampilkan pada Aplikasi Mapan, termasuk setiap tautan yang menghubungkan kepadanya.
Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kami dapat memberikan penawaran atau promosi (“Penawaran”) yang dapat ditukar dengan barang, Layanan atau manfaat lain terkait penggunaan Aplikasi Mapan. Dalam hal Penawaran disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan Kami (“Penyedia Penawaran”), Kami tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi Penawaran tersebut. Akses atau penggunaan Anda terhadap Penawaran merupakan bentuk persetujuan Anda untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami dan/atau Penyedia Penawaran, termasuk terhadap Kebijakan Privasi Kami dan/atau Penyedia Penawaran.
Semua informasi, Penawaran yang terdapat pada Aplikasi Mapan hanya dimaksudkan untuk memberikan Anda pengalaman terbaik ketika menggunakan Aplikasi Mapan atau Layanan. Anda tidak boleh menyalahgunakan Penawaran yang Anda terima selama penggunaan Aplikasi Mapan atau Layanan.
Anda setuju untuk menggunakan Penawaran tersebut sesuai dengan syarat, ketentuan dan maksud dari pemberian Penawaran dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menguangkan, mengalihkan, menggunakan untuk kepentingan komersial atau mengambil keuntungan dengan tidak wajar dari promosi tersebut dengan bentuk atau cara apapun.
Anda memahami bahwa Penawaran tidak dapat ditukar dengan uang tunai, memiliki masa keberlakuan yang terbatas dan tunduk pada ketentuan yang berlaku untuk setiap Penawaran tersebut.
Manfaat adalah keuntungan, poin, reward, bonus, benefit, hadiah dan sejenisnya. Anda mungkin berkesempatan untuk memperoleh Manfaat dari Aplikasi Mapan dengan tetap tunduk kepada syarat dan ketentuan umum sebagai berikut :
Pengunduhan perangkat lunak dan penggunaan Aplikasi Mapan adalah bebas biaya. Namun, Kami dapat mengenakan biaya untuk penggunaan fitur tertentu pada Aplikasi Mapan di kemudian hari.
Layanan yang tersedia pada Aplikasi Mapan dikenakan biaya yang dapat Anda temukan pada Aplikasi Mapan sebelum Anda memesan Layanan tersebut. Kami dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu, antara lain lokasi, waktu, jenis Layanan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami juga dapat membebankan harga dan/atau biaya dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk penggunaan Aplikasi Mapan yang dapat dipungut oleh Kami, afiliasi Kami, atau Penyedia Layanan.
Anda dapat melakukan pembayaran terhadap Layanan, Konten Pihak Ketiga atau Penawaran yang Anda akses atau gunakan dengan transfer ke rekening bank Kami atau melalui metode pembayaran elektronik, yang disediakan oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”), pada Aplikasi Mapan , termasuk uang elektronik, atau metode pembayaran lain (jika ada) (“Metode Pembayaran”) yang dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya.
Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Anda harus terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Anda pilih dan menggunakan kredensial pembayaran Anda sendiri. Dalam hal Anda menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Anda bertanggung jawab secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa yang timbul antara Anda dan pihak lain tersebut, baik karena kelalaian atau kesalahan Anda, Kami, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Kami berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Anda melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kami mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda kepada Kami.
Ketentuan lebih lanjut tentang biaya yang berlaku terhadap Layanan tertentu, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran dapat ditemukan dalam ketentuan penggunaan tambahan dari Layanan yang Anda pesan dan syarat dan ketentuan dari Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan/atau Penyedia Metode Pembayaran.
Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi Mapan yang resmi pada pasar digital resmi, yaitu Google Play Store dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi Mapan dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
Aplikasi Mapan dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kami (dan pemberi lisensi Kami) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi Mapan dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya dan hak kekayaan intelektual terkait.
Tunduk pada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, Kami memberikan Anda lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk (i) mengunduh, mengakses, dan menggunakan Aplikasi Mapan , sebagaimana adanya, hanya pada perangkat berupa telepon genggam dan/atau tablet pribadi Anda dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan, dan (ii) mengakses atau menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Aplikasi Mapan hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, adalah hak Kami atau pemberi lisensi Kami.
Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Aplikasi Mapan dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam atau tablet, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami, merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
Anda tidak boleh:
Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Anda buat untuk membuat, membagikan, menggunakan atau mengakses Aplikasi Mapan, Layanan, Konten, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran. Anda harus memperlakukan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran dengan hormat dan tidak boleh terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran.
Anda bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari penggunaan Aplikasi Mapan, Layanan, Konten, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran melalui Akun Anda, baik oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun Anda, dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, Kebijakan Privasi, termasuk syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk apapun (termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan phishing dan/atau social engineering), pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun atau yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi Kami.
Dengan tetap tunduk pada larangan yang telah disebutkan dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, Kami juga melarang Anda untuk melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut :
Anda dilarang untuk membagikan Konten negatif yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia maupun konten yang menurut kami tidak perlu untuk dibagikan di Aplikasi Mapan maupun di media sosial kami, diantaranya memuat unsur informasi sebagai berikut (“Konten Yang Dilarang”) :
Dalam hal Anda membagikan atau mengunggah Konten Yang Dilarang ke dalam Aplikasi Mapan maupun media sosial Kami, maka Kami berhak menggunakan diskresi Kami untuk melakukan penghapusan atau pemutusan akses (take down) terhadap Konten Yang Dilarang yang telah Anda unggah.
Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang dianggap sebagai suatu itikad buruk termasuk namun tidak terbatas pada kecurangan, penipuan, penyimpangan, manipulasi, pemalsuan, dan/atau bentuk itikad buruk lainnya yang dapat merugikan Kami (selanjutnya disebut dengan “Itikad Buruk”) selama menggunakan Layanan Kami.
Dalam hal Kami menduga keras Anda melakukan Itikad Buruk selama menggunakan Layanan yang terdapat di dalam Aplikasi Kami, maka Kami berhak untuk menggunakan diskresi Kami untuk memberikan sanksi kepada Anda dalam bentuk pemblokiran penukaran poin, pengurangan jumlah poin yang telah Anda peroleh, pemblokiran akses untuk menggunakan salah satu Layanan Kami, pemblokiran akses untuk menggunakan seluruh Layanan Kami, dan/atau penarikan kembali reward yang sudah diberikan oleh kami.
Kami menyediakan Aplikasi Mapan sebagaimana adanya dan Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Aplikasi Mapan dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Anda, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan Metode Pembayaran yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran ataupun kegagalan atau kesalahan Anda dalam mematuhi Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan Kami, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Aplikasi Mapan dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Anda, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Anda atas Aplikasi Mapan. Namun, Kami tetap melakukan pengawasan untuk tujuan memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi Mapan dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
Kami tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Anda, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran. Tetapi, Kami akan memfasilitasi setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika Kami memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau perselisihan antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, Kami tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap Kami.
Apabila Anda mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain, atau apabila perangkat telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada Kami sehingga Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.
Apabila Anda mengalami kendala atau masalah terkait Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau pembayaran melalui Metode Pembayaran, atau perlakuan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran Anda dapat menyampaikan keluhan Anda melalui fitur yang Kami sediakan, termasuk pemberian peringkat dan komentar, atau dengan menghubungi Kami.
Untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, sanggahan, dan lain-lain (“Laporan”), Anda perlu memberikan informasi yang cukup, termasuk namun tidak terbatas pada, ringkasan fakta yang terjadi, bukti-bukti yang Anda miliki, nomor pesanan, dan informasi pribadi, seperti alamat surat elektronik dan nomor telepon genggam terdaftar.
Untuk menanggapi setiap Laporan yang Anda sampaikan, Kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mencocokan informasi yang Anda berikan dan informasi pribadi Anda yang terdapat dalam sistem Kami. Jika diperlukan, Kami dapat secara langsung meminta Anda memberikan informasi yang diperlukan untuk tujuan verifikasi.
Kami dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan Anda jika informasi yang Anda berikan tidak cocok dengan informasi pribadi yang terdapat dalam sistem Kami atau apabila Laporan disampaikan terkait, terhadap, atas nama atau oleh pihak lain yang berbeda dengan pemilik Akun yang bersangkutan yang terdaftar secara resmi pada sistem Kami. Kami dapat memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan Anda jika Kami, dengan kebijakan Kami sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan Anda tidak didukung oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai. Kami juga dapat meneruskan Laporan Anda kepada Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran untuk diselesaikan secara langsung oleh Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Terhadap Laporan tertentu terkait Layanan, Kami dapat, dengan kebijakan Kami sepenuhnya, memfasilitasi pertemuan antara Anda dan Penyedia Layanan untuk tujuan penyelesaian masalah secara damai dan kekeluargaan. Dalam hal demikian, jika Anda merasa tetap perlu mengambil tindakan lain, termasuk tindakan hukum apapun, Anda dapat melakukannya atas tanggung jawab pribadi Anda sepenuhnya.
Terhadap Laporan tertentu terkait Metode Pembayaran, Kami dapat mengembalikan dana Anda melalui cara yang ditentukan oleh Kami atau bersama-sama dengan Penyedia Metode Pembayaran, berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya. Kami tidak akan mengembalikan dana kepada pihak lain yang berbeda dengan kredensial terdaftar pada Akun Mapan atau Penyedia Metode Pembayaran, termasuk apabila Anda menggunakan kredensial pihak lain untuk melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran.
Anda dapat menghapus Aplikasi Mapan dari telepon genggam dan/atau tablet Anda setiap saat. Kami tidak memiliki kewajiban apapun kepada Anda terhadap hal-hal yang timbul sejak penghapusan Aplikasi Mapan, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda. Akan tetapi, Anda tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban Anda yang telah timbul, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kewajiban yang mungkin timbul akibat adanya sengketa, tuntutan, maupun tindakan hukum lainnya yang telah ada, sebelum tanggal penghapusan Aplikasi Mapan, pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda.
Akun Anda dapat dibekukan untuk sementara waktu atau dapat dibekukan secara permanen karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:
Jika Akun Anda dibekukan dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun Anda seharusnya tidak dibekukan, Anda dapat membuat Laporan kepada Kami untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pembekuan terhadap Akun Anda. Pembekuan tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pembekuan telah diselesaikan.
Apabila Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah melakukan tindakan asusila, pelanggaran, kejahatan atau tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini atau tidak, maka Kami berhak untuk dan dapat menghapus semua Manfaat, membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses Anda terhadap Aplikasi Mapan, termasuk Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran yang terdapat di dalamnya, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
Kami akan menindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan/atau memfasilitasi Penyedia Layanan yang bersangkutan untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila Kami menerima Laporan adanya pelanggaran yang Anda lakukan atas Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini ataupun pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehubungan dengan:
Ketentuan ini juga berlaku sebaliknya apabila Anda mengalami tindakan sebagaimana disebutkan di atas yang dilakukan oleh Penyedia Layanan terhadap Anda.
Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Aplikasi Mapan, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran, Anda menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Anda membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi Mapan telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda. Anda secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara hukum.
Anda setuju untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi Mapan, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran hanya untuk tujuan sebagaimana ditentukan dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan tidak menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi Mapan, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran untuk tujuan penipuan, menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain, melakukan pemesanan palsu atau yang tindakan-tindakan lain yang dapat atau dianggap dapat menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun terhadap orang lain.
Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari penggunaan Aplikasi Mapan, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan Metode Pembayaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami dari segala tuntutan apapun sehubungan dengan kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem yang disebabkan oleh akses tidak resmi oleh pihak lain.
Anda secara tegas membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, pejabat, direktur, komisaris, karyawan dan agen Kami, dari dari setiap dan semua kewajiban, konsekuensi, kerugian baik materiil atau immateriil, tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Anda terhadap Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini maupun sehubungan dengan tindakan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Dikecualikan dari ketentuan di atas, jika terdapat kerugian langsung akibat pelanggaran Kami terhadap Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, maka Anda setuju dan secara tegas membatasi jumlah tuntutan Anda sebesar jumlah keseluruhan yang senyatanya ditimbulkan atau telah dibayarkan sehubungan dengan peristiwa tersebut.
ANDA MENGAKUI BAHWA KAMI ADALAH PERUSAHAAN TEKNOLOGI, BUKAN PERUSAHAAN KURIR, POS, JASA PENGANTARAN, LOGISTIK, KEUANGAN DAN LAIN-LAIN DAN KAMI TIDAK MEMBERIKAN LAYANAN KURIR, POS, JASA PENGANTARAN, LOGISTIK, KEUANGAN DAN LAYANAN LAIN. SEMUA LAYANAN KURIR, POS, JASA PENGANTARAN, LOGISTIK, KEUANGAN DAN LAYANAN LAIN DISEDIAKAN PIHAK KETIGA INDEPENDEN YANG TIDAK DIPEKERJAKAN OLEH KAMI.
DENGAN MELANJUTKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN TERHADAP APLIKASI MAPAN DAN/ATAU LAYANAN, ANDA SETUJU UNTUK TUNDUK DAN MEMATUHI SEMUA KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TERKAIT; KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN INI TERMASUK SEMUA PERUBAHANNYA; KETENTUAN PENGGUNAAN DARI SETIAP PENYEDIA LAYANAN, PENYEDIA KONTEN PIHAK KETIGA, PENYEDIA PENAWARAN ATAU PENYEDIA METODE PEMBAYARAN; SERTA KETENTUAN LAYANAN LAINNYA YANG DISEDIAKAN OLEH KAMI DILUAR DARI KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN INI. SEGERA HENTIKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN DAN/ATAU LAYANAN JIKA ANDA TIDAK SETUJU DENGAN BAGIAN APAPUN DARI KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI MAPAN INI.
Aplikasi Mapan dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol Kami (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui Aplikasi Mapan, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.
Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol ‘daftar’ saat pembukaan Akun atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses Akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi Mapan dan Layanan oleh Anda.
Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.
Anda tidak dapat mengalihkan hak Anda berdasarkan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami. Namun, Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini setiap saat kepada pihak lain tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
Bila Anda tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini, dan Kami tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti Kami mengesampingkan hak Kami untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
Ketentuan ini tetap berlaku bahkan setelah pembekuan sementara, pembekuan permanen, penghapusan Aplikasi Mapan atau setelah berakhirnya perjanjian ini antara Anda dan Kami.
Jika salah satu dari ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini tidak dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan memengaruhi ketentuan lainnya.
Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Aplikasi Mapan atau Layanan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Anda dapat menghubungi Kami melalui surat elektronik ke tanya-melati@mapan.id atau melalui telepon ke nomor (021) 1500-127 ataupun surat elektronik/nomor lain yang ditunjuk oleh Mapan di media resmi Mapan. Semua korespondensi Anda akan dicatat, direkam dan disimpan untuk arsip Kami.
Saya telah membaca dan mengerti seluruh Ketentuan Penggunaan Aplikasi Mapan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur didalamnya beserta perubahannya.
Syarat dan Ketentuan MUM
Syarat dan Ketentuan MUM ini mengatur hubungan antara MUM dengan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan” atau “Kami”), dengan ketentuan sebagaimana tertera dibawah ini.
Definisi sebagaimana disebutkan dibawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:
Status Anda terdaftar sebagai MUM adalah setelah mendaftarkan diri di Aplikasi dan telah menggunakan produk/layanan Mapan;
MUM hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 (satu) nomor telepon genggam yang aktif, apabila ingin mengganti nomor telepon genggam dan/atau data pribadi lainnya, maka wajib menghubungi Melati di nomor telepon 1500127 ataupun nomor lain yang ditunjuk oleh Mapan di media resmi Mapan;
Melakukan pembatalan sesuai poin 2.h diatas.
Melakukan larangan yang disebutkan pada Batasan, Hak, dan Kewajiban MUM.
Pengakhiran seketika terjadi apabila:
MUM dengan sengaja merusak nama baik Mapan dan afiliasinya; dan
MUM melakukan tindakan penipuan dan penggelapan terkait dengan transaksi dan keanggotaan Mapan.
Melakukan pelanggaran terhadap kode etik/kebijakan/prosedur yang berlaku di Mapan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia dengan memberitahukan pemberitahuan tertulis kepada Anda.
Dalam hal Mapan memberhentikan status Anda sebagai MUM sebagaimana disebutkan dalam poin (e) di atas, maka Mapan memiliki hak untuk menutup ataupun tidak memberikan akses Akun MUM dalam Aplikasi;
Kriteria MUM ditentukan oleh Mapan dan dapat berubah tanpa persetujuan MUM terlebih dahulu.
MUM wajib untuk mematuhi kode etik/kebijakan/prosedur yang ditetapkan oleh Mapan, termasuk namun tidak terbatas kepada syarat dan ketentuan MUM ini;
MUM wajib menjaga kode etik dalam berkomunikasi di media sosial serta dilarang memberikan informasi palsu di komunitas Mapan seperti di grup Facebook Gugus Mapan, halaman Facebook Makin Mapan, Fitur Chat Rumpi di Aplikasi, Kopdar Mapan, dan media komunikasi resmi lainnya.
MUM dilarang merekrut binaan/anggota yang telah diketahui memiliki niat untuk melanggar ketentuan yang telah ditetapkan Mapan.
Membuat perjanjian atas nama Mapan.
Membuat program promosi pribadi mengatasnamakan Mapan.
Menggunakan aset atau komunitas Mapan untuk mempromosikan produk atau layanan lain. (Harus dijelaskan bahwa promo tersebut bukan dari Mapan dan/atau komunitas Mapan).
Kecuali diinstruksikan oleh Mapan secara tertulis melalui media komunikasi yang ditentukan oleh Mapan, MUM dilarang untuk memungut biaya untuk jasa yang diberikan kepada Anggota/Pelanggan/MUM lainnya berdasarkan kerjasama dengan Mapan melalui Persyaratan ini, termasuk namun tidak terbatas kepada dalam memungut jumlah uang dalam bentuk ‘tips’ kepada Anggota/Pelanggan/MUM lainnya;
Mendaftarkan seseorang sebagai Binaan tetapi orang tersebut tidak ada.
Data yang didaftarkan dimanipulasi dalam arti identitas dan atau nomor telepon genggam orang yang didaftarkan dengan yang sebenarnya berbeda seluruhnya maupun sebagian.
MUM menyetujui bahwa Mapan dapat menghubungi MUM baik melalui telepon, media sosial, dan media komunikasi lainnya selama menjadi MUM;
Untuk melaporkan kepada Mapan dengan segera apabila dirinya melakukan pelanggaran atas Persyaratan ini dan/atau kode etik/kebijakan/prosedur yang telah ditentukan ataupun mengetahui bahwa adanya pelanggaran Persyaratan ini dan/atau kode etik/kebijakan/prosedur yang dilakukan oleh MUM lainnya, dan
Untuk menerima dan menjalankan proses pemeriksaan serta sanksi yang diberlakukan oleh Mapan (jika terbukti melakukan pelanggaran) yang telah diinformasikan oleh Mapan maupun afiliasinya kepada MUM sebelumnya melalui media komunikasi yang ditentukan Mapan;
MUM menyetujui bahwa semua risiko maupun kewajiban yang disebabkan oleh kelalaian MUM merupakan tanggung jawab MUM;
MUM menyetujui bahwa Mapan tidak bertanggung jawab atas kerusakan, kewajiban, atau kerugian yang timbul karena penggunaan atau ketergantungan MUM terhadap Aplikasi atau ketidakmampuan MUM mengakses atau menggunakan Aplikasi;
Syarat dan ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian kerja sama antara Mapan dan MUM yang bersangkutan dan berlaku efektif sebagai perjanjian antara Mapan dan MUM sejak Anda mendaftarkan diri sebagai MUM dan/atau memberikan persetujuan Anda terhadap syarat dan ketentuan ini dengan cara menandatangani atau menyetujui secara elektronik syarat dan ketentuan ini;
Dengan menyetujui syarat dan ketentuan ini Anda memiliki kewajiban untuk menaati setiap syarat dan ketentuan yang tercantum pada dokumen ini;
Setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Mapan, dapat diubah atau ditambahkan oleh Mapan dari waktu ke waktu, sehubungan dengan pendaftaran Akun dan penggunaan Aplikasi serta Persyaratan produk/layanan Mapan dan afiliasinya, sebagaimana berlaku, diinformasikan atau diumumkan kepada Anda melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh Mapan dan afiliasinya;
Selama Anda menggunakan Aplikasi, maka Anda tunduk dengan segala ketentuan yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan ini;
Mapan dan Anda merupakan rekan kerjasama dimana masing-masing merupakan subyek hukum yang berdiri sendiri dan independen. Syarat dan ketentuan ini tidak menciptakan hubungan ketenagakerjaan, outsourcing atau keagenan diantara masing-masing Mapan dan Anda.
Penyelesaian Sengketa
Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan/atau pelaksanaan dari Persyaratan ini maka Mapan dan MUM sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang dimaksud dengan cara musyawarah. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka Mapan dan MUM sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya dalam wilayah Negara Republik Indonesia.
Bentuk Perjanjian
Para Pihak sepakat dan setuju bahwa Perjanjian ini dapat dibuat dalam bentuk kontrak elektronik atau kontrak basah dan memiliki kekuatan hukum yang sama sehingga mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan.
Jika ada salah satu dari Syarat dan Ketentuan ini dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan secara menyeluruh atau sebagian, maka berdasarkan hukum, ketentuan atau sebagian ketentuan ini harus dianggap sebagai bagian terpisah dari Perjanjian ini, tetapi keabsahan, keberlakuan, dan penerapan ketentuan lainnya dari Perjanjian ini tidak akan terpengaruhi.
Dalam hal ini, Mapan akan mengganti bagian ketentuan yang sudah tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan dengan ketentuan yang berlaku, sah, dan dapat dilaksanakan dan yang, sedapat mungkin, memiliki efek serupa seperti bagian ketentuan yang tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilaksanakan sebagian, dengan mempertimbangkan isi dan tujuan Perjanjian ini.
Persetujuan Para Pihak Perjanjian ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara kontrak elektronik maupun basah oleh Mapan dan MUM dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah memberikan persetujuan ini maka MUM dianggap telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat & Ketentuan MUM dengan penuh tanggung jawab.
1. Istilah Umum
Definisi sebagaimana disebutkan di bawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:
a. Akun adalah representasi diri Pengguna di suatu sistem elektronik milik Mapan sehingga Pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan pada sistem elektronik milik Mapan.
b. Aplikasi adalah Aplikasi Mapan, yaitu Aplikasi buatan Mapan yang memiliki fitur untuk mengelola arisan dan/atau produk/layanan lainnya yang disediakan khusus oleh Mapan kepada Pengguna sehubungan dengan status Pengguna sebagai MUM.
c. Arisan adalah salah satu fitur dalam Aplikasi yang dapat digunakan oleh MUM untuk melakukan pembelian Barang bersama-sama dengan kelompok arisannya.
d. Barang adalah barang yang diperjual belikan oleh Mapan melalui fitur Arisan.
e. Binaan adalah MUM yang mendaftarkan diri menggunakan invitation link atau kode referral dari MUM yang telah terdaftar sebelumnya (existing), dan telah menggunakan produk/layanan Mapan.
f. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi pada saat Anda melakukan pendaftaran maupun penggunaan Aplikasi, seperti nama lengkap, foto diri, nomor telepon genggam, alamat rumah, kartu keluarga, nomor induk kependudukan, tanggal/bulan/tahun lahir, identitas perangkat, data lokasi, dan data keuangan pribadi;
g. Ketua Kelompok adalah MUM yang mengelola kelompoknya untuk menggunakan layanan Arisan;
h. Mapan adalah PT Rekan Usaha Mikro Anda sebagai pemilik Aplikasi;
i. Mitra Usaha Mapan (“MUM”) adalah Pengguna Aplikasi yang telah terdaftar di Aplikasi dan telah menggunakan minimal 1 (satu) produk/layanan Mapan;
j. Pembina adalah MUM yang telah memiliki minimal satu Binaan dan pernah menjadi Ketua Kelompok Arisan.
k. Timbal balik adalah manfaat yang diperoleh MUM ketika menjalankan produk/layanan Mapan termasuk namun tidak terbatas pada Poin Mapan, potongan setoran terakhir, cashback dan manfaat lainnya yang ditentukan oleh Mapan.
2. Mapan Arisan
a. Ketentuan Umum Layanan Mapan Arisan
b. Proses Pendaftaran Kelompok Mapan Arisan
c. Pelaksanaan dan Pembayaran Mapan Arisan
d. Pengiriman Barang
e. Promosi, Bonus, dan Penyimpanannya
3. Timbal Balik Transaksi Produk/Layanan Mapan
a. Potongan Setoran Terakhir
MUM selaku Ketua Kelompok berhak mendapatkan potongan setoran Arisan terakhir karena telah menjadi menyelesaikan jalannya kelompok Arisan. Besaran potongan setoran Arisan terakhir akan diinformasikan di Aplikasi Mapan dan dapat berubah sewaktu-waktu.
b. Poin Mapan
c. Cashback GoPay
4. Penyelesaian Perselisihan Pada Kelompok Arisan
a. Dalam hal terdapat salah satu anggota kelompok Arisan yang tidak dapat melanjutkan Arisan pada saat periode Arisan masih berjalan, maka MUM dapat mencari anggota pengganti ataupun MUM bersedia membayar setoran Arisan sampai selesai dan Barang tersebut menjadi milik MUM.
b. Dalam hal MUM tidak dapat melanjutkan kelompok Arisan sebagai Ketua Kelompok dikarenakan meninggal dunia atau alasan lainnya, maka bagi anggota yang telah
mendapatkan Barang tidak akan diberikan refund uang (perusahaan memperlakukan hal ini sebagai write off atas Barang tersebut). Bagi anggota Arisan yang belum mendapatkan Barang, maka akan dilakukan refund uang senilai setoran Arisan yang telah dibayarkan.
5. Cara pengajuan tiket pertanyaan dan atau keluhan ke Melati dan/atau Customer Service Partner Mapan
a. MUM dapat memilih tombol bantuan pada Aplikasi Mapan, dengan cara:
b. MUM juga dapat menghubungi Melati melalui Whatsapp, dengan cara:
Tulis format bantuan#nomor HP terdaftar#keluhan kemudian kirimkan ke nomor Whatsapp 081511500127.
6. ARISAN YANG DILAKSANAKAN OLEH MAPAN TIDAK MENIMBULKAN HUBUNGAN KEAGENAN ATAU HUBUNGAN PEKERJAAN ANTARA MAPAN, MUM DAN PARA ANGGOTA KELOMPOKNYA. SETORAN YANG DILAKUKAN UNTUK MELUNASI BARANG SETIAP BULANNYA BUKANLAH MERUPAKAN PRODUK CICILAN MELAINKAN PEMBAYARAN YANG DILAKUKAN OLEH SUATU KELOMPOK UNTUK SATU BARANG YANG HARUS DILUNASI SECARA PENUH PADA BULAN TERSEBUT.
A) Definisi Mapan Mart
a) Mapan bekerjasama dengan Blibli melalui Bliblimart menyediakan layanan untuk memenuhi kebutuhan harian (bahan pokok dan makanan) Mitra Usaha Mapan.
b) Mapan Mart adalah salah satu solusi bagi Mitra Usaha Mapan untuk membantu keluarga dan anggotanya dengan menyediakan barang-barang pokok dan kebutuhan sehari-hari.
B) Ketentuan Layanan Mapan Mart
a) MUM dengan ini mengakui dan setuju bahwa Mapan hanya bertindak sebagai penyedia Aplikasi untuk menghubungkan Anda dengan PT Global Digital Niaga sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia yang bertindak sebagai pemilik Halaman Web dan penyedia Layanan Mapan Part (“BliBli”). Oleh karena itu segala hubungan hukum atas setiap Transaksi terjadi antara MUM dengan BliBli beserta dengan seluruh pihak lainnya yang terkait dengan Transaksi.
b) MUM dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa:
c) MUM bertanggung jawab dan memiliki kewenangan penuh atas setiap keputusan melakukan Transaksi dan dengan melakukan Transaksi MUM menyatakan bahwa:
C) Mekanisme Mapan Mart
BACALAH SELURUH KETENTUAN LAYANAN INI SEBELUM MELAKUKAN TRANSAKSI PRODUK MELALUI LAYANAN MAPAN TOKO
Syarat dan ketentuan layanan ini adalah perjanjian antara anda selaku pengguna layanan Mapan Toko (“Anda”) dengan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“RUMA” atau “Mapan” atau “Kami”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia sebagai pemilik Aplikasi.
Syarat dan ketentuan layanan ini mengatur hubungan Anda dengan Kami ketika menggunakan layanan MAPAN TOKO (“Syarat dan Ketentuan Layanan”).
Kecuali secara tegas dinyatakan lain, semua istilah yang didefinisikan dalam Ketentuan Layanan ini mempunyai pengertian sebagai berikut:
Kami dapat menyediakan fasilitas SmartPay untuk keperluan Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan Mapan SmartPay.
Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan Barang yang disebabkan oleh Anda. Kami akan tetap melakukan pengawasan jalannya Transaksi Anda untuk tujuan memastikan kelancaran Layanan dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan Layanan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
Ketentuan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan dan tunduk kepada hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan Layanan dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah terlebih dahulu. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender maka Kami dan Anda sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya yang berwenang dalam wilayah Negara Republik Indonesia.
Kami, atas diskresi Kami sepenuhnya, berhak melakukan tindakan-tindakan yang secara patut diperlukan untuk melindungi kepentingan Kami termasuk namun tidak terbatas pada pemberhentian Layanan dengan pemberitahuan sebelumnya melalui sarana komunikasi yang diberitahukan oleh Admin.
Anda dapat mengajukan tiket pertanyaan dan/atau keluhan kepada Kami melalui menu Bantuan pada aplikasi Mapan.
Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan dengan Anda melakukan transaksi pada Layanan merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan ini beserta perubahannya adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan Layanan oleh Anda. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan ini yang dibuat dalam bentuk elektronik.
mulai dari 12 Oktober 2022
BACALAH SELURUH SYARAT & KETENTUAN MAPAN PULSA INI SEBELUM MELAKUKAN TRANSAKSI MELALUI LAYANAN MAPAN PULSA
Syarat & Ketentuan Mapan Pulsa (“Ketentuan”) ini adalah perjanjian antara anda sebagai pengguna layanan (“Anda”) dan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan” atau “Kami”) selaku penyedia layanan, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan ini mengatur tentang syarat dan ketentuan untuk keperluan bertransaksi dalam pembelian pulsa melalui Aplikasi yang disediakan oleh Kami. Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah, berlaku dan mengikat Para Pihak.
Mapan dan Anda secara masing-masing disebut dengan Pihak dan secara bersama-sama disebut dengan Para Pihak.
Kecuali secara tegas dinyatakan lain, semua istilah yang didefinisikan dalam Ketentuan Layanan ini mempunyai pengertian sebagai berikut:
a. Aplikasi berarti aplikasi Mapan pada perangkat telepon genggam yang disediakan dan/atau dioperasikan oleh PT Rekan Usaha Mikro Anda;
b. Mapan Pulsa merupakan layanan yang menyediakan berbagai macam pilihan pulsa mulai dari Rp5.000 – Rp1.000.000 dan juga fasilitas pembayaran tagihan listrik, token listrik, post-paid, BPJS dan PDAM dengan pembayaran yang dilakukan secara tunai oleh Anda.
c. Mapan Pulsa+ adalah layanan yang menyediakan berbagai macam pilihan pulsa mulai dari Rp5.000 – Rp1.000.000 dan juga fasilitas pembayaran tagihan listrik, token listrik, post-paid, BPJS dan PDAM dengan pembayaran yang dilakukan melalui fasilitas Mapan SmartPay.
d. IMA (Ingat Mapan) berarti tim dari Mapan yang akan mengingatkan MUM melalui telepon dan notifikasi melakukan penagihan atas tagihan SmartPay yang Anda gunakan untuk bertransaksi di Layanan Mapan Pulsa+;
e. Mapan SmartPay merupakan layanan pemberian fasilitas pascabayar yang disediakan oleh Kami kepada Anda untuk melakukan Transaksi pembelian produk Layanan melalui Aplikasi;
f. Layanan berarti layanan Mapan Pulsa yang disediakan oleh partner kami melalui Aplikasi;
g. Tanya Melati atau Melati berarti layanan konsumen dari Aplikasi Mapan.
a. Mapan Pulsa tidak memiliki batasan atau larangan dalam hal menjual produk atau menggunakan produk itu untuk diri sendiri.
b. Anda wajib membaca, mengerti, memahami dan memeriksa Ketentuan Layanan dengan saksama.
c. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan ini, Anda juga menyetujui dan tunduk kepada:
perubahannya serta penambahannya dari waktu ke waktu serta syarat dan ketentuan layanan terkait.
d. Ketentuan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan dapat diubah, dimodifikasi atau ditambahkan dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri. Anda dianggap menyetujui perubahan tersebut ketika Anda tetap menggunakan Layanan setelah tanggal perubahan, modifikasi dan/atau variasi tersebut mulai berlaku. Jika Anda ingin menolak perubahan, modifikasi dan/atau variasi tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan Layanan dan/atau layanan Kami, dengan ketentuan Anda wajib menyelesaikan dan melunasi seluruh kewajiban Anda yang masih tertunggak atau terhutang terlebih dahulu.
a. Cara pembelian Mapan Pulsa:
i) Buka aplikasi Mapan lalu pilih Mapan Pulsa;
ii) Lakukan pembelian Pulsa atau tagihan; dan
iii) Lakukan pembayaran.
b. Cara pembayaran Mapan Pulsa :
Pembayaran Layanan dapat dilakukan dengan metode sebagai berikut :
i) Tunai melalui Gopay atau saluran pembayaran yang disediakan oleh mitra penyedia saluran pembayaran yang bekerja sama dengan Kami; dan/atau
ii) Mapan SmartPay berdasarkan Syarat dan Ketentuan Mapan SmartPay.
c. Cara memeriksa transaksi Mapan Pulsa:
i) Buka aplikasi Mapan lalu pilih Mapan Pulsa;
ii) Klik tombol Riwayat Transaksi di kanan atas; dan
iii) Semua riwayat transaksi akan ditampilkan, baik yang sukses maupun yang gagal.
d. Dalam hal terjadi kegagalan pada saat melakukan transaksi pada Layanan, Anda dapat mengajukan tiket bantuan kepada Tim Melati.
i. Peristiwa cidera janji timbul apabila salah satu atau lebih dari kejadian-kejadian berikut ini terjadi:
a) Anda, karena sebab apapun juga, melanggar ketentuan lain dari Ketentuan ini;
b) menurut diskresi Mapan, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Mapan, termasuk tindakan dan/atau pola penyalahgunaan (abusive) dan/atau penipuan (fraudulent) atau ketika Mapan mengindikasikan adanya pola transaksi yang mencurigakan;
c) Penggunaan Akun Anda dengan cara yang bertentangan dengan ketentuan penggunaan Aplikasi, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain yang tersedia di Aplikasi, Kebijakan Privasi Mapan dan/atau setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
d) Pernyataan-pernyataan dan/atau jaminan-jaminan Anda dalam Ketentuan ini tidak benar atau menjadi tidak benar.
(salah satu atau lebih, “Peristiwa Cidera Janji”)
ii. Atas Peristiwa Cidera Janji sebagaimana yang disebutkan di atas, Mapan berhak untuk:
a) menghentikan Layanan dan/atau mengakhiri secara sepihak Ketentuan ini;
b) menyatakan bahwa sebagian atau seluruh jumlah kewajiban pembayaran Anda yang masih terutang menjadi jatuh tempo dan wajib Anda bayar seketika atau sesuai dengan kesepakatan Para Pihak;
c) melakukan tindakan-tindakan lainnya guna mendapatkan pembayaran keseluruhan jumlah kewajiban pembayaran Anda yang masih terutang dan mempertahankan serta melaksanakan hak-hak Mapan berdasarkan Ketentuan ini.
iii. Jika Layanan Anda dihentikan dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada Peristiwa Cidera Janji yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Ketentuan. Setelah memeriksa keluhan Anda, Mapan atas diskresinya sendiri dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan penghentian Layanan kepada Anda.
iv. Para Pihak dengan ini setuju untuk mengesampingkan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sejauh ketentuan-ketentuan tersebut membutuhkan persetujuan atau keputusan pengadilan untuk mengakhiri Perjanjian ini.
Ketentuan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan dan tunduk kepada hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan Layanan dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah terlebih dahulu. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender maka Mapan dan Anda sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya yang berwenang dalam wilayah Negara Republik Indonesia.
Mapan berhak untuk menghentikan Layanan kepada Anda setiap saat jika terjadi Keadaan Kahar. Keadaan Kahar termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, mogok kerja, wabah penyakit, demonstrasi, dan permintaan dari otoritas yang berwenang untuk menghentikan layanan serta peristiwa atau kejadian lain yang terjadi di luar kekuasaan Mapan. Untuk menghindari keraguan dan sepanjang dimungkinkan berdasarkan hukum yang berlaku Keadaan Kahar tidak akan mengecualikan segala Kewajiban pembayaran Anda berdasarkan Ketentuan ini.
d. Seluruh transaksi pembelian yang Anda lakukan dengan menggunakan fasilitas Layanan sudah termasuk pajak, yang didasarkan pada peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
e. Anda tidak diperkenankan untuk mengalihkan, baik sebagian maupun seluruh hak dan kewajiban yang timbul dari atau terkait dengan Layanan berdasarkan Ketentuan ini kepada pihak lain mana pun.
f. Apabila satu atau lebih ketentuan dalam Ketentuan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam cara apapun menurut hukum yang berlaku, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan, keberlakuan, dan dapat dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lain dalam Ketentuan ini.
Anda, selama Anda menggunakan Layanan, menyatakan dan menjamin bahwa:
a. Anda adalah Warga Negara Republik Indonesia dan tunduk secara sah pada hukum Republik Indonesia, yang merupakan orang perseorangan yang cakap menurut hukum dan tidak berada di bawah perwalian dan/atau pengampuan;
b. Seluruh fakta, data, informasi, dokumen dan keterangan yang Anda berikan kepada Kami adalah benar, akurat dan lengkap;
c. Anda telah membaca dan memahami Ketentuan ini dan Ketentuan ini merupakan suatu kewajiban hukum yang sah dan mengikat Anda.
Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan dengan Anda melakukan transaksi pada Layanan merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan ini beserta perubahannya adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan Layanan oleh Anda. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan ini yang dibuat dalam bentuk elektronik.
mulai dari 5 Desember 2022
Syarat & Ketentuan Mapan SmartPay (“Ketentuan”) ini adalah perjanjian antara anda sebagai penerima fasilitas percobaan Mapan SmartPay yang akan Kami distribusikan (“Anda”) dan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan” atau “Kami”) selaku pemberi fasilitas Mapan SmartPay, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan ini mengatur tentang percobaan program pemberian fasilitas Mapan SmartPay untuk keperluan bertransaksi melalui Aplikasi Mapan yang disediakan oleh Kami. Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah, berlaku dan mengikat Para Pihak.
Mapan dan Anda secara masing-masing disebut dengan Pihak dan secara bersama-sama disebut dengan Para Pihak.
Kecuali secara tegas dinyatakan lain, semua istilah yang didefinisikan dalam Ketentuan Layanan ini mempunyai pengertian sebagai berikut:
Anda, selama Anda menggunakan Layanan, menyatakan dan menjamin bahwa:
Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan dengan Anda melakukan transaksi pada Layanan merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan ini beserta perubahannya adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan Layanan oleh Anda. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan ini yang dibuat dalam bentuk elektronik. Jika dipersyaratkan lebih lanjut oleh hukum atau kebijakan institusi terkait, Para Pihak sepakat akan menggunakan metode tanda tangan elektronik yang dipersyaratkan dan segala biaya yang timbul dari padanya akan ditanggung oleh Mapan.
Sistem penalti digunakan dengan tujuan memberikan perlakuan yang sama dan akses yang sama kepada seluruh Mitra Usaha agar memiliki performa Mitra Usaha yang baik dan terpercaya. Dengan adanya penilaian ini, diharapkan Mitra Usaha memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap setiap kelompok yang dibuat.
Penalti diberikan ketika Mitra Usaha tidak memenuhi standar minimal yang telah ditentukan dan disepakati. Hal ini bertujuan untuk memberikan peringatan terhadap aspek komitmen yang membutuhkan peningkatan. Hal yang menjadi dasar penentuan adalah:
Setiap kali Mitra Usaha membuat kelompok arisan, Mapan akan menampilkan halaman konfirmasi untuk memastikan bahwa Mitra Usaha menyadari performa Mitra Usaha.
Penalti diberikan kepada Mitra Usaha yang tidak memenuhi target performa Mitra Usaha. Hal ini bertujuan untuk memberikan peringatan terhadap aspek komitmen yang perlu ditingkatkan.
Performa Mitra Usaha dievaluasi setiap senin dan kamis tiap minggu nya. Penalti yang diberikan juga akan dikenakan pada rentang waktu yang sama, yaitu senin dan kamis
Pembatalan yang terhitung adalah pembatalan yang tidak memiliki kelompok pengganti dan tidak melaporkan kepada Mapan dalam hal ini adalah Melati melalui tiket didalam aplikasi. Kami menghargai kejujuran para Mitra dan berharap kolaborasi Mitra dengan Mapan agar dapat selalu melaporkan kendala yang dialami dalam proses pembatalan kelompok.
Catatan
Mitra dapat mengajukan banding setelah maupun sebelum terkena tindakan/penalti yang akan diberikan oleh Mapan. Jika, Mitra menerima penalti poin dan setelah mendapatkan penalti tersebut banding yang diajukan diterima oleh Mapan, maka Mitra akan menerima pengembalian sebesar poin yang telah dikurangi. Begitu pula dengan penalti jenis lainnya, Mitra tetap bisa melakukan banding setelah terkena penalti dan pihak Mapan akan memberikan pengampunan atas penalti yang telah diberikan
Mitra dapat mengajukan banding untuk menghapus perhitungan pembatalan kelompok yang diberikan jika Mitra memiliki alasan yang kuat untuk meyakini bahwa Mitra tidak melakukan pelanggaran.
Mapan akan menghapus Poin Penalti yang diberikan dan mengembalikan sistem yang sedang diberhentikan jika pengajuan banding Anda disetujui. Banding akan diterima bukan karena kesalahan Mitra, melainkan kesulitan dalam penagihan, kehilangan secara mendadak dari anggota, ataupun hal tak terhindarkan lainnya yang dialami anggota kelompok.
Dengan melalui tiket melati, Mitra bisa melakukan 2 cara untuk dapat menangani penalti dari pembatalan kelompok
Mitra telah menerima penalti ataupun tindakan lainnya dan ingin mengajukan Banding
Perhitungan pembatalan kelompok ataupun pemberlakuan penalti akan berlangsung dalam periode 6 Bulan. Sehingga, tindakan ataupun perhitungan penalti akan di-reset setiap 6 bulan.
Kontak Perlindungan Konsumen
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Nomor Whatsapp: 0853 1111 1010
Terdaftar Di:
© 2023 Mapan.