Per tanggal 1 Januari 2024, barang yang tidak dapat dikirimkan karena kendala apapun, maka bonus untuk produk tersebut tidak diperhitungkan, tetapi MUM jangan khawatir, MUM dan anggota arisan akan mendapatkan:
- Dana refund barang dikurangi dengan bonus akhir barang tersebut.
- Dana refund ongkir 100%
- Saldo GoPay sebagai kompensasi
Situasi ini dapat terjadi karena faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya oleh Mapan yang sangat tergantung pada supplier, distributor, dan situasi lainnya yang tidak terduga.
Mapan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi pesanan MUM dan anggota. Sebagai informasi, dari puluhan ribu pesanan MUM dan Member setiap bulannya, 99% dapat dikirimkan oleh Mapan.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut MUM bisa menghubungi sahabat melati di nomor Whatsapp berikut 085711500127 atau klik tombol bantuan di aplikasi Mapan.
Simulasi Refund Per 1 Januari 2024
Jika MUM/ anggota arisan memesan produk Advance Ketel Elektrik* dengan harga barang Rp130.000 dan cicilan arisan selama 10 bulan sebesar Rp13.000 dan saat pengocokan produk tersebut mengalami kendala produk maka MUM akan menerima refund sebagai berikut:
- Harga Produk yang terkena kendala = Rp130.000.
- Ongkos Kirim Barang = Rp20.000.
- Bonus Akhir Produk Terkendala = 10%*Rp130.000 = Rp13.000.
- Total Refund=Harga Produk Terkendala+Ongkos Kirim Produk Terkendala-Bonus Akhir Produk Terkendala
- Total Refund= Rp 130.000+Rp20.000-Rp 13.000= Rp137.000 serta akan ada kompensasi jaminan ketersediaan barang dari Mapan.
*hanya contoh bukan kasus sebenarnya
FAQ: Pertanyaan Seputar Refund Mapan Arisan
1. Kenapa MUM tidak mendapatkan bonus akhir dari produk Terkendala padahal bukan kesalahan dari MUM produk tidak tersedia?
Meskipun bukan kesalahan dari MUM, produk yang tidak tersedia tetap mempengaruhi perhitungan akhir produk yang terjual.
Hal ini juga merupakan faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya oleh Mapan yang sangat tergantung pada supplier, distributor, dan situasi lainnya yang tidak terduga.
2. Kapan saya mendapatkan refund dari produk Terkendala?
Pengiriman saldo refund, ongkos kirim & kompensasi akan dikirimkan ke nomor GoPay yang sama dengan nomor yang terdaftar di aplikasi Mapan dengan estimasi 3-5 hari kerja setelah konfirmasi oleh tim Melati.
3. Apa kedepannya akan dipastikan produknya stoknya tetap ada? Karena saya tetap ingin produknya ketimbang refund uang tunai
Mapan selalu berusaha semaksimal mungkin memenuhi pesanan MUM dan anggotanya. Sebagai informasi, dari puluhan ribu pesanan MUM dan anggota setiap bulannya, 99% dapat dikirimkan oleh Mapan.
Namun, untuk beberapa barang yang mengalami kendala pengadaan, tidak dapat dipastikan karena Mapan sangat tergantung pada supplier, distributor, dan situasi lainnya yang tidak terduga.
Mapan selalu melakukan evaluasi untuk supplier atau distributor yang sering mengalami kendala ini dan dan mengambil tindakan untuk tidak lagi menggunakan jasa mereka ke depannya, sehingga kemungkinan pengiriman gagal diakibatkan kendala pengadaan bisa semakin kecil.
4. Kalau sudah dapat notif refund, tinggal menunggu refund masuk saja atau perlu buat tiket dahulu?
Tidak. Melati akan melakukan konfirmasi dalam waktu 3 hari kerja.