Pertanyaan Umum Mapan
Mapan
Gagal Download Aplikasi Mapan
Jika kamu gagal mendownload aplikasi Mapan pastikan beberapa hal berikut:
- Pastikan menggunakan handphone android (saat ini aplikasi Mapan belum melayani iOS).
- Pastikan memori internal handphone mencukupi.
- Minimal menggunakan android versi 5.5.
Gagal Buka Website Mapan
Jika kamu gagal membuka salah satu dan atau keseluruhan website Mapan berikut:
- Website mapan: www.mapan.id
- Website katalog Mapan Arisan: https://mapan.io/katalogarisan
- Website Mapan Shop: www.shop.mapan.id
Pastikan beberapa hal ini:
- Pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari masing-masing laman pencarian, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau laman pencarian bawaan handphone.
- Pastikan jaringan internet baik.
OTP Tidak Diterima
- Default pengiriman OTP adalah melalui Whatsapp ke nomor handphone yang kamu masukkan, sehingga pastikan nomormu terhubung dengan Whatsapp.
- Jika nomor handphone tidak tersambung ke whatsapp klik kirim kode OTP via SMS.
- Pastikan kamu berada di lingkungan dengan jaringan yang baik dan memiliki akses internet.
- Tunggu beberapa saat jika mengajukan permintaan OTP karena maksimal 3x permintaan OTP/hari/akun.
- Jika sampai 3x kamu tidak kunjung mendapatkan OTP hubungi tim Melati atau coba lagi esok hari.
Jumlah Poin Berkurang
Poin saya hilang atau jumlahnya tidak sesuai:
- Buka menu Beranda pada aplikasi Mapan.
- Di bagian atas, disebelah lonceng notifikasi ada bagian Poin Kamu.
- Klik Poin Kamu.
- Cek apakah daftar poin yang diterima sudah sesuai.
- Jika belum sesuai, hubungi Melati melalui kotak di bawah ini.
Mapan Shop
Pertanyaan Mengenai Informasi Produk, Pembayaran, Harga, dan Lainnya
Wilayah mana saja yang bisa menggunakan layanan Mapan Shop?
Seluruh wilayah operasional Mapan meliputi seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi bisa menggunakan layanan Mapan Shop dengan pengiriman dari Jakarta.
Apakah bisa melakukan pembayaran lewat GoPay Later?
MUM dapat melakukan pembayaran dengan GoPay Later jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan GoPay Later, silahkan mengecek langsung di aplikasi Gojek untuk informasi selengkapnya.
Apakah bisa melakukan pembelian untuk 1 barang saja?
Pembelian untuk satu barang tetap dapat dilakukan, namun semakin banyak kamu membeli jumlah barang, maka keuntungan juga akan semakin besar.
Pertanyaan Mengenai Informasi Pengiriman dan Garansi
Ongkir di Mapan Shop ke daerah saya cukup besar, bagaimana saya bisa tetap untung di Mapan Shop?
Harga di Mapan Shop merupakan harga untuk reseller yang beli banyak makin murah dengan ongkos kirim ditanggung oleh MUM dan anggota. MUM bisa memaksimalkan harga produk di jumlah barangnya sehingga bisa tetap bersaing ongkir.
Jika ada proses retur barang rusak, apakah ongkir pengembalian barang rusaknya itu ditanggung Mapan atau kita harus bayar sendiri lagi?
Ongkos kirim pengembalian barang rusak akan ditanggung oleh Reseller.
Jika dikirim ke alamat pembeli langsung, apakah nama dan data pengirim adalah MUM atau Mapan?
Nama pengirim adalah atas nama Mapan, saat ini belum tersedia pilihan dropship.
Pertanyaan Mengenai Skema Keuntungan Mapan Shop
Sampai kapan cashback ongkir berupa GoPay bisa didapatkan untuk transaksi pertama?
Program cashback GoPay untuk transaksi pertama di Mapan Shop berlaku sejak tanggal 10 Juli -30 September 2023.
Mapan Arisan
Informasi Turun Harga

Arisan Mapan

Keuntungan Kelola Mapan Arisan

Keuntungan Sebagai Pembina

Cara Kerja Mapan Arisan

Cara Bayar Setoran Kelompok

Tips dan Trik Kelola Kelompok Arisan Pertama

Pertanyaan Mengenai Pendaftaran
Daftar Binaan gagal
Jika kamu gagal mendaftarkan binaan, pastikan beberapa hal berikut ini:
- Sinyal internet calon binaan memiliki koneksi yang baik untuk mendownload dan mendaftarkan akun Mapan dan merupakan pengguna android.
- Calon binaanmu memasukkan kode pembina saat melakukan proses pendaftaran.
- Calon binaanmu tidak pernah mendaftarkan akun mapan sebelumnya dengan atau tanpa kode pembina.
- Jika langkah 1,2,&3 sudah kamu pastikan dan binaan tetap tidak terdaftar sebagai binaanmu maka segera buat tiket bantuan ke melati dengan melampirkan informasi:
- Nama & no handphone pembina
- Nama & no handphone binaan
Pertanyaan Mengenai Pengiriman
Ongkir tidak sesuai
Jika ongkos kirim tidak sesuai pastikan beberapa hal berikut ya MUM:
- Ongkos kirim adalah sama dengan ongkos kirim saat pendaftaran arisan pertama kali.
- Cocokkan ongkos kirim dengan saat pendaftaran arisan.
- Jika terdapat perbedaan ongkos kirim segera buat tiket bantuan ke tim Melati dengan melampirkan: Kode kelompok, no hp anggota dan nama anggota.
- Perhitungan ongkos kirim berdasarkan berat barang atau volume tergantung dari hasil akhir berat paket pengiriman sesuai dengan rate pengiriman dari ekpedisi yang bekerja sama dengan Mapan.
Contoh: MUM melakukan pembelian 1 panci dengan 2.75kg.Ketika sudah di bungkus, berat volumetrik sebesar 3kg. Maka perhitungan ongkos kirim akan menggunakan perhitungan ongkir volumetrik sebesar 3kg ke alamat pembeli..
Perbedaan ongkir padahal alamat berdekatan bisa karena 3 hal ini:
- Beda pembulatan berat aktual atau volumetrik (jika berat >0.3kg akan dibulatkan ke 1kg)
- Beda jangkuan layanan alamat pengiriman contoh ada yang bisa pakai trucking, tapi ada yang hanya reguler (walau cuma beda kelurahan).
- Beda berat aktual atau volumetrik di pengiriman reguler vs trucking (rate trucking lebih murah dibanding dengan reguler).
Saya terima barang pesanan yang rusak
Barang yang rusak dapat dilakukan pengajuan pengembalian (retur) barang maksimal H+10 setelah barang diterima. Pengajuan retur barang yang sudah diajukan tidak bisa dibatalkan.
Untuk mengajukan retur, harap kirimkan foto barang pesanan yang rusak yang Anda terima pada bagian unggah gambar di bawah ini dan pastikan nomor HP aktif.
Jika pengajuan retur disetujui, maka MUM akan mengirimkan produk retur ke Gudang Mapan dan pengiriman kembali barang tersebut dalam 7-14 hari kerja setelah produk telah diterima oleh Mapan.
Barang arisan saya kosong
Jika barang yang telah dipesan melalui arisan kosong (bukan upgrade) dan tidak dapat dikirimkan maka MUM akan menerima pengembalian dana senilai dengan harga barang tersebut. Dana pengembalian akan di proses 7-14 hari kerja ke akun GoPay sesuai dengan nomor yang terdaftar di aplikasi Mapan.
Belum terima cashback GoPay atau Poin Mapan dari kelompok arisan pribadi atau binaan
- Cashback GoPay dan Poin Mapan maksimal diterima 7 hari kerja sejak pembayaran kelompok.
- Jika masih dalam rentang waktu tersebut MUM dapat menunggu terlebih dahulu.
- Jika sudah lebih dari 7 hari kerja sejak pembayaran silahkan buat tiket bantuan ke melati dengan menyertakan kode kelompok.