ARISAN TERUS JALAN, MESKI ANGGOTA BATAL di TENGAH JALAN
Apakah kamu pernah mengalami hal ini MUM?
- Ada anggota tidak bisa dihubungi di tengah menjalankan kelompok arisan dan tidak melanjutkan setorannya, eh akhirnya MUM yang harus melanjutkan arisan dengan menalangi setoran anggota tersebut.
- Ada anggota tidak bisa dihubungi di tengah menjalankan kelompok arisan dan tidak melanjutkan setorannya, MUM belum memiliki dana talangan sehingga akhirnya kelompok arisan batal dan MUM tidak dapatkan bonus akhir dari produknya.
Sedih banget pasti kan MUM kalau kejadian seperti 2 hal diatas. Kini Hadir! Mapan sebagai aplikasi arisan terpercaya yang setiap saat berkembang untuk menyesuaikan kebutuhan Mitra Usaha Mapan dan berusaha untuk terus memberikan yang terbaik salah satunya adalah menghadirkan fitur pembatalan 1 anggota via melati.
Simak langkah berikut ini:

Syarat dan ketentuan melakukan pembatalan anggota via melati:
- Anggota yang diajukan pembatalan adalah anggota yang belum menang kocokan arisan.
- Jumlah pembatalan maksimal 1 anggota/kelompok arisan.
- Pengajuan tiket pembatalan 1 anggota maksimal dilakukan H-7 hari sebelum tanggal kocokan dan belum melakukan pembayaran kocokan.
- Terdapat penyesuaian jumlah setoran tersisa berdasarkan setoran anggota yang batal.
- Kelompok yang terdaftar setelah tanggal 14 Maret 2023 pihak Mapan berhak melakukan penyesuaian terhadap bonus yang sudah diterima baik GoPay maupun Poin Mapan, jika total harga barang dalam 1 kelompok tersebut mengalami penurunan dari skema keuntungan 2023. Cek skema keuntungan 2023 di sini: https://mapan.id/promo/skema-keuntungan-mapan-2023.
- Kelompok yang terdaftar sebelum 15 Maret 2023 maka tidak akan menerima penembakan poin Mapan pada kocokan yang produknya sudah disetujui batal anggota oleh tim melati.
- Voucher yang digunakan di kelompok tersebut akan hangus.
- Penyesuaian GoPay pada poin 5 akan dilakukan penyesuaian jumlah setoran di setoran akhir.
- Jika terdapat kelebihan bayar kelompok arisan maka akan di-refund secara manual penembakannya via GoPay oleh tim Melati, estimasi 7 hari kerja sejak kelompok selesai.
Cek simulasi setoran kelompok yang melakukan pembatalan 1 anggota dibawah ini:


Pertanyaan Seputar Pembatalan Anggota via Melati
1. Bagaimana saya mengembalikan setoran anggota yang sudah batal?
Setoran yang sudah terbayar dari anggota yang batal akan menjadi pengurang jumlah setoran di kocokan tersisa kelompok arisan tersebut. MUM dapat mengembalikan setoran anggota dari penyesuaian jumlah setoran yang ada.
2. Apakah saya tetap mendapatkan bonus akhir di kelompok arisan? Dan bagaimana perhitungannya?
MUM tetap bisa mendapatkan bonus akhir kelompok arisan dengan bonus akhir dari produk yang tidak dilakukan pembatalan anggota. Dapat terjadi perubahan total bonus akhir sebelum dan sesudah melakukan proses pembatalan 1 anggota.
3. Apakah ada batasan jumlah anggota yang dapat dibatalkan dalam 1 kelompok?
MUM dapat melakukan pembatalan anggota dalam 1 kelompok sesuai dengan jumlah anggota yang hendak melakukan pembatalan dan membuat tiket ke melati dengan 1 anggota batal/ tiket dengan demikian tidak terdapat batasan jumlah anggota yang dibatalkan dalam 1 kelompok. Akan tetapi pihak Mapan bisa meninjau
terkait pengajuan pembatalan dan dapat membatalkan proses pembatalan anggota jika terdapat indikasi kecurangan.
4. Apakah ada minimal arisan bulanan untuk melakukan batal 1 anggota?
Tidak ada minimal tipe arisan untuk melakukan batal anggota
5. Setoran kelompok saya akan berubah dong? Lalu bagaimana?
Penyesuaian setoran dengan kelompok batal anggota akan mempertimbangkan:
- Setoran anggota batal/bulan
- Jumlah setoran yang sudah dibayarkan oleh anggota batal
serta terdapat penyesuaian setoran akhir berdasarkan:
- Voucher potongan arisan yang digunakan
- Kelompok yang terdaftar setelah tanggal 14 Maret 2023 Pihak Mapan berhak melakukan penyesuaian terhadap bonus yang sudah diterima baik GoPay maupun Poin Mapan, jika total harga barang dalam 1 kelompok tersebut mengalami penurunan dari skema keuntungan 2023.
- Bonus akhir dari produk dihitung diluar produk yang batal
Proses perhitungan penyesuaian setoran akan dilakukan secara otomatis oleh sistem dan MUM dapat melihat perubahan setoran secara langsung di aplikasi sesaat setelah proses pembatalan 1 anggota telah di nyatakan berhasil oleh tim melati.”