Syarat dan Ketentuan Mapan Arisan

1. Istilah Umum

Definisi sebagaimana disebutkan di bawah ini berlaku dalam syarat dan ketentuan ini:

a. Akun adalah representasi diri Pengguna di suatu sistem elektronik milik Mapan sehingga Pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan pada sistem elektronik milik Mapan.

b. Aplikasi adalah Aplikasi Mapan, yaitu Aplikasi buatan Mapan yang memiliki fitur untuk mengelola arisan dan/atau produk/layanan lainnya yang disediakan khusus oleh Mapan kepada Pengguna sehubungan dengan status Pengguna sebagai MUM.

c. Arisan adalah salah satu fitur dalam Aplikasi yang dapat digunakan oleh MUM untuk melakukan pembelian Barang bersama-sama dengan kelompok arisannya.

d. Barang adalah barang yang diperjual belikan oleh Mapan melalui fitur Arisan.

e. Binaan adalah MUM yang mendaftarkan diri menggunakan invitation link atau kode referral dari MUM yang telah terdaftar sebelumnya (existing), dan telah menggunakan produk/layanan Mapan.

f. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi pada saat Anda melakukan pendaftaran maupun penggunaan Aplikasi, seperti nama lengkap, foto diri, nomor telepon genggam, alamat rumah, kartu keluarga, nomor induk kependudukan, tanggal/bulan/tahun lahir, identitas perangkat, data lokasi, dan data keuangan pribadi;

g. Ketua Kelompok adalah MUM yang mengelola kelompoknya untuk menggunakan layanan Arisan;

h. Mapan adalah PT Rekan Usaha Mikro Anda sebagai pemilik Aplikasi;

i. Mitra Usaha Mapan (“MUM”) adalah Pengguna Aplikasi yang telah terdaftar di Aplikasi dan telah menggunakan minimal 1 (satu) produk/layanan Mapan;

j. Pembina adalah MUM yang telah memiliki minimal satu Binaan dan pernah menjadi Ketua Kelompok Arisan.

k. Timbal balik adalah manfaat yang diperoleh MUM ketika menjalankan produk/layanan Mapan termasuk namun tidak terbatas pada Poin Mapan, potongan setoran terakhir, cashback dan manfaat lainnya yang ditentukan oleh Mapan.

2. Mapan Arisan

a. Ketentuan Umum Layanan Mapan Arisan

  1. Layanan Mapan Arisan dapat digunakan melalui Aplikasi Mapan.
  2. Tanggal Pembayaran Setoran Arisan adalah batas maksimal pembayaran untuk suatu kelompok di suatu periode tertentu.
  3. Kode Promo adalah kode unik yang dimiliki oleh masing-masing MUM atau Kode Promosi yang muncul di waktu tertentu. MUM dapat memasukkan kode unik MUM lain untuk saling mendapatkan keuntungan atau memasukkan Kode Promosi agar bisa mendapatkan keuntungan menarik.
  4. Periode Arisan adalah jangka waktu proses Arisan dari dimulainya pengumuman Arisan pemenang pertama sampai dengan Arisan tersebut selesai dimana proses pengumuman pemenang Arisan akan disampaikan setiap bulan dengan jumlah bulan mengikuti jumlah anggota Arisan, yaitu 5 (lima) orang untuk 5 (lima) bulan atau jumlah lainnya yang akan ditentukan oleh Mapan.

b. Proses Pendaftaran Kelompok Mapan Arisan

  1. Pendaftaran Kelompok Mapan Arisan tidak dipungut biaya apapun.
  2. MUM menggunakan perangkat ponsel MUM yang sudah terinstal Aplikasi Mapan untuk mendaftarkan kelompok secara mandiri.
  3. MUM dapat mendaftarkan lebih dari satu kelompok. Tidak ada batasan jumlah pengajuan Arisan. Selain itu, tidak ada pembatasan pula untuk jumlah Arisan yang sedang berjalan (sedang aktif). MUM dapat memiliki Arisan aktif sebanyak mungkin.
  4. Anggota Arisan dapat memesan lebih dari 1 Barang dalam 1 kelompok Arisan dan berkomitmen menyelesaikan pembayaran setoran Arisan sampai selesai.

c. Pelaksanaan dan Pembayaran Mapan Arisan

  1. Ketua Kelompok dan anggota Arisan dapat memilih Barang sesuai katalog di Aplikasi Mapan.
  2. Ketua Kelompok dapat melakukan pembayaran melalui Gopay mulai H-7 (tujuh) hari kalender sebelum tanggal kocokan.
  3. Anggota Arisan melakukan pembayaran untuk Barang yang dipilihnya sesuai dengan perhitungan yang telah disepakati kelompok kepada Ketua Kelompok.
  4. Jumlah uang yang disetorkan oleh anggota Arisan kepada Ketua kelompok adalah sejumlah harga Barang dibagi dengan jumlah anggota. Jika Barang yang dipilih berbeda, maka setoran tiap orang akan berbeda sesuai harga Barangnya.
  5. Setelah menerima uang dari anggota Arisan, Ketua Kelompok wajib membayarkan setoran Arisan sebagai pembayaran terhadap Barang yang dibeli oleh tiap anggota kelompok melalui GoPay.
  6. Setoran yang dibayarkan oleh Ketua Kelompok setiap periode adalah jumlah uang yang disetor oleh para anggota Arisan setiap bulannya selama Periode Arisan.
  7. Jika MUM selaku ketua beberapa kelompok Arisan membayar setoran ke kelompok yang salah, maka wajib segera hubungi Melati pada menu bantuan di Aplikasi Mapan atau di nomor telepon 1500127.
  8. Jika terdapat anggota Arisan yang tidak membayar uang setoran, maka Ketua Kelompok melakukan segala tindakan yang wajar untuk memastikan setoran Arisannya dibayarkan tepat waktu. Sehingga, pastikan anggota Arisan yang bergabung di kelompok mempunyai komitmen untuk rutin membayar uang setoran Arisan.
  9. Jika sampai H+7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal kocokan Ketua Kelompok tidak bayar setoran kelompoknya, maka status kelompok tersebut menjadi batal secara otomatis dan akan dilakukan pengembalian dana sisa saldo kelompok Arisan yang bersangkutan.
  10. Kocokan Mapan Arisan dilakukan otomatis oleh sistem, bukan seperti kocokan tradisional pada umumnya.
  11. MUM akan mendapatkan pemberitahuan pemenang melalui Aplikasi Mapan setelah pembayaran setoran Arisan sukses.
  12. Barang tidak dapat diganti ketika Arisan sudah berjalan. Barang Arisan harus ditentukan di awal dan tidak boleh diganti dengan Barang lain. Apabila Barang yang dipesan tidak tersedia, maka akan dilakukan pengembalian uang seharga Barang dan tidak ada penggantian Barang.

d. Pengiriman Barang

  1. Seluruh Barang akan diantarkan langsung ke alamat Ketua Kelompok atau alamat anggota Arisan sesuai pilihan alamat yang dipilih oleh Ketua Kelompok saat pendaftaran kelompok Arisan. Alamat pengiriman yang sudah dipilih tidak dapat diganti.
  2. Ketua Kelompok dapat mengetahui status pengiriman Barang melalui Aplikasi Mapan. 3) Apabila Barang yang diterima rusak dalam proses pengiriman atau berbeda dari apa yang tertera di katalog, maka akan dilakukan “refund” dan tidak ada penggantian Barang.

e. Promosi, Bonus, dan Penyimpanannya

  1. Promosi resmi dari Mapan Arisan adalah yang diumumkan melalui website resmi Mapan (https://www.mapan.id/), ataupun sosial media resmi Mapan.
  2. Mapan berhak melakukan perubahan mekanisme, periode, jenis, nominal hadiah promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  3. Seluruh promosi atau program resmi dari Mapan semuanya ditentukan oleh Mapan dan tidak dapat diganggu gugat.

3. Timbal Balik Transaksi Produk/Layanan Mapan

a. Potongan Setoran Terakhir

MUM selaku Ketua Kelompok berhak mendapatkan potongan setoran Arisan terakhir karena telah menjadi menyelesaikan jalannya kelompok Arisan. Besaran potongan setoran Arisan terakhir akan diinformasikan di Aplikasi Mapan dan dapat berubah sewaktu-waktu.

b. Poin Mapan

  1. MUM berhak mendapatkan Poin Mapan apabila melakukan sejumlah transaksi sesuai ketentuan dari Mapan.
  2. Poin Mapan yang telah terkumpul dalam nominal tertentu dapat ditukarkan melalui mekanisme yang ditentukan oleh Mapan.

c. Cashback GoPay

  1. MUM selaku Pembina berhak mendapatkan cashback GoPay apabila ia berhasil merekomendasikan Binaan menggunakan referral code milik MUM untuk membuat kelompok Arisan pertama sesuai ketentuan dari Mapan.
  2. Kami dapat sewaktu-waktu menentukan jumlah referral code yang dapat didistribusikan oleh seorang Pembina.

4. Penyelesaian Perselisihan Pada Kelompok Arisan

a. Dalam hal terdapat salah satu anggota kelompok Arisan yang tidak dapat melanjutkan Arisan pada saat periode Arisan masih berjalan, maka MUM dapat mencari anggota pengganti ataupun MUM bersedia membayar setoran Arisan sampai selesai dan Barang tersebut menjadi milik MUM.

b. Dalam hal MUM tidak dapat melanjutkan kelompok Arisan sebagai Ketua Kelompok dikarenakan meninggal dunia atau alasan lainnya, maka bagi anggota yang telah

mendapatkan Barang tidak akan diberikan refund uang (perusahaan memperlakukan hal ini sebagai write off atas Barang tersebut). Bagi anggota Arisan yang belum mendapatkan Barang, maka akan dilakukan refund uang senilai setoran Arisan yang telah dibayarkan.

5. Cara pengajuan tiket pertanyaan dan atau keluhan ke Melati dan/atau Customer Service Partner Mapan

a. MUM dapat memilih tombol bantuan pada Aplikasi Mapan, dengan cara:

  1. Buat tiket baru, pilih kategori keluhan & isi deskripsi tiket sesuai dengan keluhan, lalu kirim.
  2. Jika Tiket bantuan selesai, maka Tim Melati akan memberikan respons dengan estimasi waktu 1x24 jam hari kerja.

b. MUM juga dapat menghubungi Melati melalui Whatsapp, dengan cara:

Tulis format bantuan#nomor HP terdaftar#keluhan kemudian kirimkan ke nomor Whatsapp 081511500127.

6. ARISAN YANG DILAKSANAKAN OLEH MAPAN TIDAK MENIMBULKAN HUBUNGAN KEAGENAN ATAU HUBUNGAN PEKERJAAN ANTARA MAPAN, MUM DAN PARA ANGGOTA KELOMPOKNYA. SETORAN YANG DILAKUKAN UNTUK MELUNASI BARANG SETIAP BULANNYA BUKANLAH MERUPAKAN PRODUK CICILAN MELAINKAN PEMBAYARAN YANG DILAKUKAN OLEH SUATU KELOMPOK UNTUK SATU BARANG YANG HARUS DILUNASI SECARA PENUH PADA BULAN TERSEBUT.