Syarat dan Ketentuan Mapan Pulsa+

(mulai dari 12 Agustus 2022)

BACALAH SELURUH SYARAT & KETENTUAN MAPAN PULSA+ INI SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM

Syarat & Ketentuan Mapan Pulsa+ (“Ketentuan”) ini adalah perjanjian antara anda sebagai penerima fasilitas percobaan Mapan Pulsa+ yang akan Kami distribusikan (“Anda”) dan PT Rekan Usaha Mikro Anda (“Mapan” atau “Kami”) selaku pemberi fasilitas Mapan Pulsa+, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berdomisili di DKI Jakarta, Indonesia. Ketentuan ini mengatur tentang percobaan program pemberian fasilitas Mapan Pulsa+ untuk keperluan bertransaksi dalam pembelian pulsa melalui Aplikasi Mapan yang disediakan oleh Kami yang akan dilaksanakan dari 6 Juni 2022 sampai dengan jangka waktu yang Kami tentukan selanjutnya (“Jangka Waktu Program”). Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah, berlaku dan mengikat Para Pihak.

Mapan dan Anda secara masing-masing disebut dengan Pihak dan secara bersama-sama disebut dengan Para Pihak.

A. Ketentuan Umum

  1. Anda wajib membaca, mengerti, memahami dan memeriksa Ketentuan Penggunaan Mapan Pulsa+ dengan seksama.
  2. Fasilitas Mapan Pulsa+ yang diberikan kepada Anda sepenuhnya milik dan berasal dari Kami. Oleh karena itu, hubungan hukum yang timbul terkait fasilitas Mapan Pulsa+ sepenuhnya ditanggung oleh Anda dan Mapan.
  3. Ketentuan Penggunaan Mapan Pulsa+ ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan dapat diubah, dimodifikasi atau ditambahkan dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri dengan menyampaikan notifikasi kepada Anda, baik melalui pemberitahuan atau pengumuman pada aplikasi Mapan (“Aplikasi”), surat elektronik, nomor telepon Anda yang terdaftar pada Aplikasi, dan/atau media komunikasi lainnya. Anda dianggap menyetujui perubahan tersebut ketika Anda tetap menggunakan layanan Mapan Pulsa+ setelah tanggal perubahan, modifikasi dan/atau variasi tersebut mulai berlaku. Jika Anda ingin menolak perubahan, modifikasi dan/atau variasi tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan Mapan Pulsa+ dan/atau layanan Kami, dengan ketentuan Anda wajib menyelesaikan dan melunasi seluruh kewajiban Anda yang masih tertunggak atau terhutang terlebih dahulu.

B. Verifikasi

  1. Anda dapat diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara elektronik atau secara langsung ke kantor Kami, atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan layanan Mapan Pulsa+ atau sebagaimana diperlukan.
  2. Kami akan melakukan verifikasi dari waktu ke waktu atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan melalui Aplikasi dan/atau metode resmi lainnya dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna Mapan Pulsa+.
  3. Mapan akan melakukan verifikasi, pemeriksaan, penelaahan dan penilaian atas setiap informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Anda, termasuk untuk bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi dan penilaian kelayakan untuk pemberian fasilitas yang diberikan dalam program Mapan Pulsa+.
  4. Pemberian fasilitas program Mapan Pulsa+ merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami dapat, sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan menghentikan pemberian fasilitas program Mapan Pulsa+ kepada Anda, termasuk apabila terdapat keragu-raguan atas ketepatan dan/atau keabsahan serta kelengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan dan/atau terdapat kegagalan pelunasan dengan tunduk pada ketentuan yang diatur dalam Poin C di bawah ini.
  5. Untuk menghindari penyalahgunaan apapun atas Akun Anda, Kami dapat menghentikan layanan apapun jika dokumen atau informasi yang Kami minta dari Anda tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap.

C. Pemberian Fasilitas Program Mapan Pulsa+

Kami akan menyediakan layanan program Mapan Pulsa+ untuk keperluan Anda berdasarkan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Fasilitas program Mapan Pulsa+ dapat diberikan kepada Anda sejak tanggal 21 bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 20 bulan berjalan (“Periode Pemberian Fasilitas Program”) berdasarkan persetujuan dari Kami. Contoh sebagai berikut:
  • Pemberian fasilitas Mapan Pulsa+ kepada Anda yang disetujui oleh Mapan pada tanggal 6 Juni 2022, maka fasilitas Mapan Pulsa+ tersebut masuk ke dalam fasilitas dengan pembayaran kembali oleh Anda di tanggal 28 Juni 2022 sesuai Jatuh Tempo yang ditentukan.
  • Pemberian fasilitas Mapan Pulsa+ kepada Anda yang disetujui oleh Mapan pada tanggal 22 Juni 2022, maka fasilitas Mapan Pulsa+ tersebut masuk ke dalam fasilitas dengan pembayaran kembali oleh Anda di tanggal 28 Juli 2022 sesuai Jatuh Tempo yang ditentukan.
  1. Batas fasilitas Mapan Pulsa+ yang dapat diperoleh oleh Anda adalah sebesar minimum Rp 100.000,- (seratus ribu ribu Rupiah) dan maksimum sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu Rupiah) (“Nilai Fasilitas”) dan batasan Nilai Fasilitas tersebut dapat diubah dari waktu ke waktu berdasarkan keputusan Kami sendiri tanpa harus memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
  2. Kami tidak akan memberikan fasilitas Mapan Pulsa+ yang melebihi Nilai Fasilitas yang Kami tentukan.
  3. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa harga atas pembelian produk yang Kami tawarkan dengan menggunakan fasilitas Mapan Pulsa+ adalah harga yang berbeda dari harga yang kami tawarkan pada metode pembayaran tunai atas pembelian pulsa dan tagihan pada Aplikasi. Kami tidak akan mengenakan biaya administrasi maupun bunga apapun.
  4. Anda tidak dapat membatalkan permohonan pencairan Mapan Pulsa+ yang telah disetujui oleh Kami.
  5. Anda wajib melakukan pembayaran kembali fasilitas Mapan Pulsa+ yang Kami berikan paling lambat pada tanggal 28 di bulan berjalan dan/atau bulan selanjutnya (“Jatuh Tempo”) berdasarkan Periode Pemberian Fasilitas Program yang berlaku untuk Anda.
  6. Anda memiliki masa tenggang (“Grace Period”) selama 7 hari kalender setelah Jatuh Tempo.
  7. Pembayaran kembali yang akan Anda lakukan kepada Kami hanya dapat dilakukan melalui metode pembayaran yang akan Kami informasikan lebih lanjut melalui inbox dan push notification yang terdapat dalam Aplikasi Mapan. .
  8. Dalam hal keterlambatan pembayaran kembali atas fasilitas Mapan Pulsa+ telah melampaui Jatuh Tempo, maka Kami berhak untuk memberikan sanksi sebagai berikut :

Ketentuan mengenai Sanksi dapat diubah dari waktu ke waktu berdasarkan keputusan Kami dan Anda tetap berkewajiban untuk membayar kembali sesuai waktu yang Kami tentukan lebih lanjut.

  1. Poin yang sudah terpotong karena Sanksi tidak dapat dikembalikan seperti semula meskipun Anda telah melakukan pelunasan. Namun, Kami akan memberikan kembali akses terhadap penukaran poin Mapan setelah Anda melakukan pelunasan tagihan.
  2. Kami berhak untuk memberikan pemberitahuan peringatan pelunasan kepada Anda setiap harinya sampai tagihan dibayar lunas..
  3. Anda tidak dapat melakukan pengajuan permohonan Mapan Pulsa+ ketika Anda masih memiliki kewajiban Mapan Pulsa+ yang belum dibayarkan kembali kepada Kami yang lewat dari tanggal Jatuh Tempo.
  4. Anda dapat melakukan pembayaran lebih cepat dari tanggal Jatuh Tempo sesuai dengan besaran seluruh jumlah fasilitas Mapan Pulsa+ yang Anda terima tanpa biaya tambahan (kecuali ditentukan sebaliknya oleh Mapan di kemudian hari dengan memberikan notifikasi kepada Anda).
  5. Apabila diperlukan, Mapan dari waktu ke waktu dapat meminta Anda untuk menyampaikan dan/atau mengunggah segala dokumen dan/atau informasi tambahan, termasuk informasi pribadi secara elektronik, kepada Mapan.

D. Hak dan Kewajiban Para Pihak

1. Hak dan kewajiban Mapan

Dengan tidak mengesampingkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban lain yang diatur dalam Ketentuan ini hak dan kewajiban Mapan adalah sebagai berikut:

  • Berhak menerima atau menolak kepesertaan Mapan Pulsa+ Anda secara sepihak dengan alasan apapun.
  • Berhak menerima pembayaran kembali secara penuh atas seluruh kewajiban pembayaran Anda sebagai pengguna fasilitas Mapan Pulsa+, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran kembali kewajiban Mapan Pulsa+.
  • Berhak menagih Anda untuk melakukan pembayaran kembali terhadap fasilitas Mapan Pulsa+ yang telah diberikan kepada Anda.
  • Berhak melakukan pemblokiran akses layanan Mapan dan pemblokiran penukaran Poin Mapan sesuai dengan ketentuan mengenai keterlambatan atas pembayaran kembali yang disebutkan dalam Poin C (9) di atas.
  • Berhak melakukan pemotongan Poin Mapan sesuai dengan ketentuan mengenai keterlambatan atas pembayaran kembali yang disebutkan dalam Poin C (9) dan (10) di atas.
  • Kami berhak menawarkan alternatif metode pembayaran kembali sesuai dengan kebijakan Kami ketika Anda terlambat untuk melakukan pembayaran kembali.
  • Wajib memberikan fasilitas Mapan Pulsa+ atas permintaan fasilitas yang sudah disetujui kepada Anda sesuai dengan Ketentuan ini.

2. Hak dan kewajiban Anda

Dengan tidak mengesampingkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban lain yang diatur dalam Ketentuan ini, hak dan kewajiban Anda sebagai pengguna fasilitas adalah sebagai berikut:

  • Berhak menerima fasilitas Mapan Pulsa+ apabila Anda memenuhi persyaratan yang Kami tentukan secara sepihak berdasarkan Ketentuan ini.
  • Berhak melakukan pelunasan lebih awal sesuai dengan Ketentuan ini;
  • Wajib melakukan pembayaran kembali secara penuh atas fasilitas Mapan Pulsa+ yang telah diberikan kepada Anda sesuai dengan ketentuan pada Poin C diatas, termasuk namun tidak terbatas pada jumlah pokok fasilitas Mapan Pulsa+ paling lambat pada tanggal Jatuh Tempo.

E. Syarat Penerima Fasilitas Mapan Pulsa+

Berikut ini adalah syarat minimum yang Anda harus penuhi sebagai penerima fasilitas Mapan Pulsa+ :

  1. Anda memiliki akun Mapan yang masih aktif dan terverifikasi;
  2. Anda dengan ini telah menyetujui bahwa Anda akan tunduk kepada syarat dan ketentuan Aplikasi Mapan, syarat dan ketentuan Mapan Pulsa, serta Kebijakan Privasi. Oleh karenanya Anda harus membaca syarat dan ketentuan Aplikasi Mapan, syarat dan ketentuan Mapan Pulsa, serta Kebijakan Privasi dengan seksama.

F. Ketentuan Lain-lain

  1. Pernyataan dan Jaminan Anda

    Anda, selama Anda menggunakan layanan Mapan Pulsa+, menyatakan dan menjamin bahwa:

    • Anda adalah Warga Negara Republik Indonesia dan tunduk secara sah pada hukum Republik Indonesia, yang merupakan orang perseorangan yang cakap menurut hukum, yakni Anda telah berusia 21 tahun keatas atau sudah menikah dengan usia minimal 13 tahun dan tidak berada di bawah perwalian dan/atau pengampuan. Jika tidak, Mapan berhak untuk membatalkan status Anda sebagai penerima fasilitas Mapan Pulsa+ dan melakukan penagihan pembayaran kembali sesegera mungkin kepada wali Anda;
    • Seluruh fakta, data, informasi, dokumen dan keterangan yang Anda berikan kepada Kami adalah benar, akurat dan lengkap;
    • Anda telah membaca dan memahami Ketentuan ini dan Ketentuan ini merupakan suatu kewajiban hukum yang sah dan mengikat Anda; dan
    • Anda dengan ini menyatakan bahwa transaksi yang pelunasan Mapan Pulsa+ oleh Anda tidak bersumber dari transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur dalam perundang-undangan terkait dengan anti pencucian uang dan pencegahan dana terorisme dan dengan demikian Anda sepenuhnya menyatakan dan menjamin bahwa tujuan pembelian barang yang digunakan dan dibeli dari Kami tidak bertentangan atau menyalahi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  2. Informasi Data Pribadi Anda

    • Informasi Anda, termasuk nama, nomor hp, nomor KTP yang terdaftar di Aplikasi, jumlah fasilitas, dan data lainnya yang dapat mengidentifikasikan orang pribadi (“Data Pribadi”) yang telah Anda berikan kepada Kami adalah tanggung jawab Anda. Anda berjanji untuk tidak memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Anda dan/atau menggunakan fasilitas Mapan Pulsa+. Dalam hal terjadi penggunaan yang tidak sah dan/atau tanpa kewenangan atas Data Pribadi Anda oleh pihak ketiga, dalam hal apapun, perintah yang diterima dari penggunaan oleh pihak ketiga tersebut untuk layanan Mapan Pulsa+ akan dianggap sebagai permohonan dari Anda untuk menggunakan layanan Mapan Pulsa+, kecuali Anda telah memberitahu Mapan untuk memblokir layanan Mapan Pulsa+ untuk Anda sebelum perintah tersebut diterima oleh Kami.
    • Anda dapat menyampaikan kepada masing-masing community manager dari Mapan yang menghubungi Anda melalui Whatsapp jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan untuk penyampaian informasi apapun terkait layanan Mapan Pulsa+.
    • Untuk merespon pertanyaan atau keluhan Anda, Mapan akan melakukan verifikasi atas Informasi Anda. Mapan berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan lebih lanjut, jika Informasi Anda tidak sesuai dengan data atau Informasi yang tertera di akun Anda pada Aplikasi.
    • Mapan akan memeriksa dan melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan respon Mapan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku pada Mapan setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.
  3. Peristiwa Cidera Janji

    Peristiwa cidera janji timbul apabila salah satu atau lebih dari kejadian-kejadian berikut ini terjadi:

    • Anda, karena sebab apapun juga, gagal untuk memenuhi kewajiban pembayaran kembali Anda berdasarkan Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan lain dari Ketentuan ini;
    • menurut diskresi Mapan, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Mapan, termasuk tindakan dan/atau pola penyalahgunaan (abusive) dan/atau penipuan (fraudulent) atau ketika Mapan mengindikasikan adanya pola transaksi keuangan yang mencurigakan;
    • Penggunaan Akun Anda dengan cara yang bertentangan dengan ketentuan penggunaan Aplikasi, syarat dan ketentuan lain yang berlaku untuk fitur atau layanan lain yang tersedia di Aplikasi, Kebijakan Privasi Mapan dan/atau setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    • Pernyataan-pernyataan dan/atau jaminan-jaminan Anda dalam Ketentuan ini tidak benar atau menjadi tidak benar.

(salah satu atau lebih, “Peristiwa Cidera Janji”)

Atas Peristiwa Cidera Janji sebagaimana yang disebutkan di atas, Mapan berhak untuk:

  • menghentikan layanan Mapan Pulsa+ dan/atau mengakhiri secara sepihak Ketentuan Mapan Pulsa+ ini;
  • menyatakan bahwa sebagian atau seluruh jumlah kewajiban pembayaran Anda yang masih terutang menjadi jatuh tempo dan wajib Anda bayar seketika atau sesuai dengan kesepakatan Para Pihak; dan/atau
  • melakukan tindakan-tindakan lainnya guna mendapatkan pembayaran keseluruhan jumlah kewajiban pembayaran Anda yang masih terutang dan mempertahankan serta melaksanakan hak-hak Mapan berdasarkan Ketentuan ini.
  • Jika Mapan Pulsa+ Anda dihentikan dan Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada Peristiwa Cidera Janji yang terjadi, Anda dapat mengajukan keluhan Anda sesuai dengan yang tertera pada Ketentuan. Setelah memeriksa keluhan Anda, Mapan atas diskresinya sendiri dapat menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan penghentian layanan Mapan Pulsa+ kepada Anda.
  • Para Pihak dengan ini setuju untuk mengesampingkan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 dan 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sejauh ketentuan-ketentuan tersebut membutuhkan persetujuan atau keputusan pengadilan untuk mengakhiri Perjanjian ini.
  1. Hukum Yang Mengatur & Penyelesaian Sengketa

    Ketentuan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan dan tunduk kepada hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan layanan Mapan Pulsa+ dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah terlebih dahulu. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender maka Kami dan Anda sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Jakarta, dengan tidak mengurangi hak Mapan untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupun pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya yang berwenang dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

  2. Seluruh transaksi pembelian yang Anda lakukan melalui Mapan Pulsa+ sudah termasuk pajak, yang didasarkan pada peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

  3. Ketentuan ini, dari waktu ke waktu, dapat diubah dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Anda terlebih dahulu melalui notifikasi pada surat elektronik, dan/atau nomor telepon Anda yang terdaftar pada Aplikasi. Anda dianggap menyetujui perubahan tersebut ketika Anda melanjutkan penggunaan fasilitas Mapan Pulsa+.

  4. Mapan berhak untuk menghentikan Mapan Pulsa+ kepada Anda setiap saat jika terjadi Keadaan Kahar. Keadaan Kahar termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, mogok kerja, wabah penyakit, demonstrasi, dan permintaan dari otoritas yang berwenang untuk menghentikan layanan serta peristiwa atau kejadian lain yang terjadi di luar kekuasaan Mapan. Untuk menghindari keraguan dan sepanjang dimungkinkan berdasarkan hukum yang berlaku Keadaan Kahar tidak akan mengecualikan segala Kewajiban pembayaran Anda berdasarkan Ketentuan ini.

  5. Anda tidak diperkenankan untuk mengalihkan, baik sebagian maupun seluruh hak dan kewajiban yang timbul dari atau terkait dengan layanan Mapan Pulsa+ berdasarkan Ketentuan ini kepada pihak lain mana pun.

  6. Apabila satu atau lebih ketentuan dalam Ketentuan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam cara apapun menurut hukum yang berlaku, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan, keberlakuan, dan dapat dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lain dalam Ketentuan ini.

Para Pihak setuju bahwa Ketentuan Mapan Pulsa+ ini disepakati dengan menggunakan persetujuan elektronik sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jika dipersyaratkan lebih lanjut oleh hukum atau kebijakan otoritas terkait, Para Pihak sepakat akan menggunakan metode tanda tangan elektronik yang dipersyaratkan dan segala biaya yang timbul dari padanya akan ditanggung oleh Mapan.

Definisi

Kecuali secara tegas dinyatakan lain, semua istilah yang didefinisikan dalam Ketentuan ini mempunyai pengertian sebagai berikut:

  • Aplikasi” atau “Aplikasi Mapan” berarti aplikasi pada perangkat telepon genggam yang disediakan dan/atau dioperasikan oleh PT Rekan Usaha Mikro Anda yang bernama Mapan (www.mapan.id) .
  • Mapan Pulsa+ merupakan layanan pemberian fasilitas pascabayar yang disediakan oleh Kami kepada Anda untuk melakukan transaksi pembelian produk pulsa melalui Aplikasi Mapan.
  • Informasi” berarti segala informasi, keterangan, dan data, baik yang ada saat ini ataupun di masa mendatang termasuk segala perubahannya dan/atau pengkiniannya, mengenai diri Anda yang Anda berikan kepada Kami serta informasi yang dapat diidentifikasi dan dikumpulkan melalui Aplikasi, penggunaan Mapan Pulsa+, dan penggunaan setiap layanan yang disediakan atau difasilitasi oleh Mapan.
  • Hari Kalender” adalah hari Senin sampai dengan hari Minggu, termasuk hari libur nasional dan cuti bersama.
  • Hari Kerja” adalah hari apapun (selain hari Sabtu, Minggu atau hari libur nasional) di Indonesia.
  • Poin Minus” adalah hasil pengurangan Poin Mapan yang dimiliki menjadi kurang dari Nol.